Lebrina Uneputty
Ilustrasi pedagang cabai merah (ANTARA/HO)

SuaraBogor.id - Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mulai meroket naik,diantaranya bawang merah dan cabai rawit merah. 

Salah seorang pedagang di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran Heti mengatakan, harga beberapa jenis kebutuhan pokok dan sayuran mulai melonjak, yang paling signifikan adalah cabai rawit merah naik dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram.

“Sebelumnya harga cabai kisaran Rp 40.000 sampai Rp 45.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp80.000 per kilogram,” katanya, mengutip HR Online, Rabu (15/12/2021).

Sementara bawang merah yang semula Rp 16.000 per kilogram kini menjadi Rp 20.000 per kilogram.

“Masalah adanya kenaikan harga entah karena akan masuknya perayaan Natal dan Tahun Baru, atau karena pasokan dari petani yang berkurang, saya tidak paham, yang jelas setiap akan ada hari besar selalu saja ada kenaikan harga sembako,” paparnya.

Menurut Heti, meskipun ada kenaikan harga namun kenaikannya masih mendingan dibandingkan tahun lalu. Karena tahun lalu harga cabai saja melebihi angka Rp 100.000 per kilogramnya.

“Saya berharap harga kebutuhan pokok tidak terus naik. Kasihan para konsumen, meski di sisi lain petani merasa senang karena adanya kenaikan harga,” pungkasnya.

Komentar