Andi Ahmad S
Bunga Bangkai yang mekar di area Kebun Raya Cibodas Cianjur [Fauzi/Suarabogor.id]

SuaraBogor.id - Bunga Bangkai mekar di Kebun Raya Cibodas (KRC) Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rabu (13/10/2021) dini hari. Bunga langka tersebut sudah 4 kali mekar dalam waktu belasan tahun.

General Manager PT Mitra Natura Raya KRC, Marga Anggrianto mengatakan, bunga bangkai yang memiliki julukan The Giant Titans tersebut mulai mekar pada Rabu (13/10/2021) dini hari.

"Bunga bangkai yang mekar dalam waktu empat tahun sekali dan memiliki karakteristik yang tidak dapat diprediksi. Namun pembukaan kelopak sudah terlihat sejak Selasa (12/10/2021) sore," katanya pada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Berdasarkan Hasil pengukuran, kata dia, tinggi perbungaan mencapai 289 centimeter, keliling 145,5 centimeter, sedangkan garis tengah kelopak (spatha) dengan posisi mekar penuh 128 centimeter.

Baca Juga: Ada Nama Jalan Yang Salah, Seharusnya Nama Pahlawan Asli Cianjur

"Tamanan edemik Indonesia itu hanya mampu mekar selama dua hari, tetapi bila cuacanya hujan, mampu bertahan selama tiga hari," jelasnya.

Selain itu ia mengatakan, KRC telah memiliki 13 spesimen bunga bangkai, terdiri atas 1 spesimen yang merupakan indukan hasil pengkoleksian berupa umbi, sedangkan 12 spesimen lainya hasil perbanyakan dari biji sejak 2003 lalu.

"Kami telah memiliki koleksi bunga bangkai sejak tahun 2000 lalu, hasil pengkoleksian dari Bukit Sungai Talang, Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) Sumatra Barat," ucapnya.

Ia mengatakan, tanaman dengan nama latin Amorphohallus titanum (Becc.) termasuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi Internasional Union For Conservation Of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomer 7 tahun 1999.

"Dengan mekarnya bunga Bangkai ini tentu menjadi momentum yang baik untuk mensosialisasikan program-program penelitian dan konservasi tumbuhan pada masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Tanjakan Huut, Truk Alami Rem Blong hingga Masuk Jurang

Sementara itu, Kamto (50) wisatawan asal Jakarta mengaku, telah dua kali melihat bunga bangkai mekar. Namun baru pertama kali melihatnya mekar di Kebun Raya Cibodas.

Komentar