facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Manfaat Pijat Petrissage Bagi Kesehatan Tubuh

Risna Halidi Senin, 04 Januari 2021 | 14:38 WIB

Ini Manfaat Pijat Petrissage Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi pijat petrissage [Shutterstock]

Teknik pijat petrissaga menggunakan telapak tangan, ibu jari, atau permukaan jari saat memijat.

SuaraBogor.id - Pijat petrissage merupakan salah satu teknik yang cukup terkenal. Teknik ini menggunakan telapak tangan, ibu jari, atau permukaan jari saat memijat.

Biasanya jenis teknik ini berfokus pada mengompres jaringan-jaringan lunak tubuh dengan mengambil, meremas, dan menekan langsung bagian kulit yang dipijat.

Saat melakukan petrissage, kedua tangan digunakan secara istimewa sebagai satu kesatuan. Saat proses petruissage umumnya, menggunakan teknik seperti menguleni, menggulung, mengangkat, memerah susu, dan memeras.

Menguleni melibatkan mengangkat dan meremas kulit dan biasanya dilakukan dengan gerakan memutar. Melakukan teknik pijat petrissage, memberikan manfaat yang bagi tubuh.

Baca Juga: Hari Ibu, Ini 5 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Wanita Karier!

Apa saja? Berikut deretan manfaat pijat petrissage seperti yang telah dikutip dari Garrow Wellness Center ini.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Teknik pijat ini sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena petrissage meningkatkan aliran limfatik dan vena sehingga mempercepat pengiriman darah dan nutrisi beroksigen ke bagian utama tubuh, seperti jantung, arteri, dan otot.

2. Meningkatkan Rentang Gerak
Petrissage akan membuat otot menjadi renggang. Hal ini akan membantu meningkatkan kelenturan dan rentang gerak pada otos. Selain itu, melakukan teknik pijat ini berfungsi untuk mengurangi risiko cedera dan membantu menghilangkan jaringan parut dan adhesi.

3. Meningkatkan Tonus (tegangan) Otot
Teknik pijat petrissage akan membantu menjaga ketegangan otot dalam jumlah yang tepat. Teknik yang digunakan selama petrissage merangsang refleks yang ditemukan di serat otot, yang dapat berguna bagi orang yang menjalani gaya hidup yang tidak aktif secara fisik. Biasanya karena pekerjaan otot menjadi tegang dan membuat kram. Namun, petrissage akan membuat otot menegang dalam porsi yang pas sehingga terhindar dari kram otot.

4. Merangsang Kulit
Dalam petrissage gerakan menguleni dapat merangsang kulit. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan meminimalkan tegangan permukaan yang mengarah pada regenerasi sel di kulit. Selain itu, teknik ini juga baik untuk meningkatkan produksi minyak alami yang membantu melembabkan kulit.

Baca Juga: Program Latihan Kebugaran TRX Terapkan Protokol Kesehatan

5. Memobilisasi Lemak Subkutan
Petrissage meningkatkan sirkulasi darah dan regenerasi sel di kulit yang membantu menghilangkan lemak berlebih pada tubuh. Jaringan adiposa di bawah kulit yang menyimpan lemak berlebih akan berkurang dengan pijat ini sehingga dapat meningkatkan penurunan berat badan. (Penulis: Fajar Ramadhan)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait