alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemanasan Global Bisa Picu Erupsi Gunung Api, Risma Tak Sepenuhnya Keliru

Liberty Jemadu Rabu, 20 Januari 2021 | 18:28 WIB

Pemanasan Global Bisa Picu Erupsi Gunung Api, Risma Tak Sepenuhnya Keliru
Tri Rismaharini dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial RI, Rabu 23 Desember 2020 / [Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Menurut sejumlah penelitian, memang ada hubungan antara pemanasan global dan meningkatnya letusan gunung berapi.

SuaraBogor.id - Menteri Sosial, Tri Rismaharini jadi sasaran olok-olok di media sosial setelah ia pada pekan ini mengatakan bahwa ada kemungkinan letusan Gunung Semeru di Jawa Timur terjadi karena pemanasan global.

"Memang dampak global warming ini luar biasa,"  kata Menteri Risma di Lumajang, seperti diwartakan Tempo.co pada Senin (18/1/2021).

"Mungkin lho ya, karena saya teorinya tidak tahu dan saya juga bukan ahlinya. Tapi karena ada gempa bumi, kemudian ada goyangan-goyangan di lempengan yang menyebabkan adanya erupsi Gunung Semeru dan sebagainya, kita tidak tahu. Tapi kita harus siap,"imbuh dia.

Demi membaca analisis Risma itu, beberapa warganet dan polikus di media sosial, langsung melempar sindiran. Mereka bilang tidak ada hubungan antara letusan gunung berapi dengan pemanasan global.

Baca Juga: Menteri Sosial Disambut Hangat di Manado, Warga : Terima Kasih Bu Risma

"Malu-maluin banget sih," tulis seorang pengguna Twitter, mengolok komentar Risma soal pemanasan global dan letusan gunung berapi.

Bencana global akibat Tambora

Hubungan antara perubahan iklim dengan letusan gunung berapi sejak lama sudah diketahui oleh para ilmuwan: bahwa letusan gunung berapi bisa mengubah iklim di Bumi.

Letusan Gunung Tambora di Lombok adalah salah satu contoh terkenal bagaimana letusan gunung berapi bisa mengubah iklim global.

Letusan Gunung Tambora pada April 1815 disebut telah membuat negara-negara di utara Katulistiwa tak bisa merasakan musim panas pada 1816.

Baca Juga: Risma ke Halmahera Utara Bawa Pesan Jokowi

Para ilmuwan sepakat bahwa sulfur dalam abu Tambora, yang memenui atmosfer Bumi, telah menghalangi sinar Matahari dan menyebabkan suhu global turun drastis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait