alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Seluruh Wilayah Indonesia

Pebriansyah Ariefana Minggu, 04 April 2021 | 14:46 WIB

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Seluruh Wilayah Indonesia
Kawasan rumah penduduk yang rawan terdampak bencana tanah longsor di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. [ANTARA/HO-Diskominfo Garut]

Peringatan cuaca buruk itu berlaku untuk periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

SuaraBogor.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatakan cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia. Cuaca ekstrem itu berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Peringatan cuaca buruk itu berlaku untuk periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll) dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dll,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Minggu (4/4/2021).

Potensi hujan sedang lebat diprediksi terjadi di wilayah Sumatra yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, dan Sumatra Selatan. Kemudian di Pulau Jawa yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah (Jateng), DI Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur (Jatim). Juga di Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Baca Juga: BMKG: Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Nias

Sementara potensi hujan sangat lebat diprediksi terjadi di empat wilayah yaitu Sulawesi Selatan (Sulsel), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Guswanto juga menyampaikan, BMKG memprediksi potensi angin kencang terjadi di sembilan wilayah, yaitu Lampung, Banten, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT, dan Sulsel.

“Potensi gelombang tinggi lebih dari empat meter, diprediksi terjadi di wilayah berikut Perairan barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan P. Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bag. Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, dan Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Selatan Jawa Barat,” imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak untuk potensi banjir/bandang dalam periode hingga tiga hari ke depan dengan kategori siaga berpotensi terjadi di dua wilayah, yaitu Sulsel dan NTT.

Menutup pernyataan persnya, Guswanto mengatakan, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui laman resmi bmkg.go.id, media sosial @infoBMKG, aplikasi “Info BMKG”, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca Juga: Ngerinya Banjir Bandang Flores Timur NTT, 23 Orang Tewas, 2 Masih Hilang

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait