alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Berikut Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Andi Ahmad S Jum'at, 16 April 2021 | 16:55 WIB

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Berikut Penjelasan Dokter Spesialis Gizi
Ilustrasi Secangkir Kopi. (Pexels.com/Bella Coffee/free for commercial use)

Namun, bagi pecinta kopi di saat puasa Ramadhan kali ini, sebagian orang mungkin memilih untuk meminum kopi mereka di saat sahur.

SuaraBogor.id - 'Tak Ngopi Pusing'. Ya, bagi yang sudah bergantung dalam menjalankan aktivitasnya dimulai dengan kopi, mungkin di bulan Ramadhan kali ini sedikit menguras pikiran.

Namun, bagi pecinta kopi di saat puasa Ramadhan kali ini, sebagian orang mungkin memilih untuk meminum kopi mereka di saat sahur.

Namun, masih ada yang khawatir baik atau tidak meminum kopi saat sahur. dilansir dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, berikut menurut penjelasan dokter.

"Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur," ungkap dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah - Pondok Indah dr Tirta Prawita Sari.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, Pengrajin Kubah Masjid Kebanjiran Order

Menurut dr Tirta, konsumsi kopi dapat memberikan efek diureis di mana produksi urin mengalami peningkatan. Efek diuresis ini merupakan efek samping dari mengonsumsi kafein pada kopi.

"Namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya," jelas dr Tirta.

Efek diuresis ini sangat mungkin terjadi ketika seseorang meminum kopi di saat sahur. Dampak ini perlu diperhatikan dengan baik saat menjalani ibadah puasa karena efek diuresis dapat memicu terjadinya dehidrasi.

"Namun sekali lagi, tidak semua orang akan mengalami keadaan ini," ujar dr Tirta.

Bila sudah terbiasa dan tak mengalami masalah setelah minum kopi, maka minum kopi di saat sahur dapat dicoba. Masalah yang dimaksud bisa berupa masalah pada perut, lambung, atau dehidrasi.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Karawang Jumat 16 April 2021

Akan tetapi, dr Tirta menyarankan agar jumlah kopi dikurangi. Misalnya, orang-orang yang terbiasa menggunakan kopi bubuk sebanyak dua sendok teh bisa menguranginya menjadi satu sendok teh saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait