alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Aksi Bela Palestina, Buruh di Sukabumi Serukan Boikot Produk Israel

Rizki Nurmansyah Selasa, 18 Mei 2021 | 14:08 WIB

Aksi Bela Palestina, Buruh di Sukabumi Serukan Boikot Produk Israel
Aksi solidaritas buruh yang tergabung FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi untuk Palestina, Selasa (18/5/2021). [Ist]

Mereka mengutuk tindakan dan kebrutalan Israel terhadap Palestina yang telah mengakibatkan ratusan korban jiwa warga Palestina melayang.

SuaraBogor.id - Aksi bela Palestina dilakukan sejumlah kalangan di Tanah Air. Salah satunya kalangan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP TSK SPSI) Kabupaten Sukabumi.

Mereka mengutuk tindakan dan kebrutalan Israel terhadap Palestina yang telah mengakibatkan ratusan korban jiwa warga Palestina melayang.

Para buruh di Sukabumi itu juga menyerukan boikot produk Israel atau yang punya hubungan erat dengan Israel.

Hal itu disampaikan dalam pernyataan sikap FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi atas serangan brutal Israel terhadap Palestina.

Baca Juga: Geruduk Gedung Sate, Buruh Tuntut Jokowi Desak PBB Sanksi Israel

"Bagi kami FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi, isu Palestina bukan sekedar masalah agama dan keyakinan tapi jauh dari masalah itu semua adalah isu kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (HAM) yang berlaku secara universal," demikian bunyi pernyataan sikap tersebut.

Para buruh di Sukabumi itu meilai, penjajahan yang sudah dilakukan Israel lebih dari setengah abad di Palestina pembangunan pemukiman secara illegal, pencaplokan wilayah Palestina secara serampangan, merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang harus segera dihentikan.

“Apa yang dilakukan oleh Israel tersebut merupakan tindakan biadab dan menginjak-injak nilai-nilai kemanusiaan serta tidak bisa dibenarkan atas nama hukum, agama, keyakinan atau atas ajaran serta ideologi manapun,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi sebagai bagian dari koalisi masyarakat sipil mendorong pemerintah dan parlemen Indonesia untuk berperan aktif dan memanfaatkan setiap peluang dan terobosan untuk menggalang kekuatan dengan negara-negara sahabat demi penghentian segala bentuk penjajahan dan kebiadaban yang dilakukan oleh Israel di tanah Palestina.

Mereka juga meminta pemerintah Indonesia menggalang kekuatan melalui organisasi negara-negara, baik pada tingkat regional maupun multilateral, agar segera mendesak PBB menjalankan perannya secara adil dan memberikan perlindungan terhadap negara dan rakyat Palestina.

Baca Juga: Polisi Jaga Demo Buruh Pendukung Palestina di Kedubes AS: Tolong Jaga Jarak

“Kami tidak berharap isu Palestina diredusir menjadi isu sektarianisme, isu agama dan keyakinan. Makanya kami minta pemerintah melakukan langkah konkret untuk mengambil terobosan bersama negara-negara sahabat menghentikan segala bentuk kekerasan, penindasan dan penjajahan di Palestina,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait