alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Aksi DLH Kota Bogor, Angkut Sampah Pakai Sepeda Motor Listrik

Andi Ahmad S Selasa, 03 Agustus 2021 | 16:02 WIB

Aksi DLH Kota Bogor, Angkut Sampah Pakai Sepeda Motor Listrik
Petugas DLH Kota Bogor saat mengendarai sepeda motor listrik pengangkut sampah di Jalan Djuanda Kota Bogor. (ayobogor.com/Yogi Faisal)

Hal tersebut dibuktikan dengan mulai diperasikannya kendaraan pengangkut sampah berbasis tenaga listrik di Kota Hujan tersebut.

SuaraBogor.id - Berbagai terobosan terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor untuk pengangkutan sampah. Kali ini, terobosan itu dinilai unik dan kekinian, sebab pengangkutan sampah menggunakan kendaraan listrik.

DLH Bogor sendiri saat ini terus mengembangkan pengangkutan sampah ramah lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai diperasikannya kendaraan pengangkut sampah berbasis tenaga listrik di Kota Hujan tersebut.

Kepala Bidang Persampahan pada DLH Kota Bogor, Feby Darmawan mengatakan, DLH Kota Bogor mendapatkan bantuan dari Bank BTN berupa empat unit motor sampah listrik, lengkap dengan 15 gerobak dan 13 tong sampah.

"Untuk gerobak sampah dan tong sampah akan didistribusikan ke wilayah-wilayah. Kalau untuk motor sampah listrik mungkin akan kita gunakan di dinas untuk mengangkut sampah ringan seperti daun," katanya, menyadur dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Gelar Pembelajaran Tatap Muka, 6 Sekolah di Bogor dan 1 Sekolah di Depok Langgar PPKM

Bak motor sampah listrik sendiri memiliki kapasitas 200 kilogram. Meski kapasitasnya lebih kecil dibandingkan motor sampah (mosam) yang biasa digunakan, motor sampah listrik tidak mengeluarkan emisi gas buangan. Sehingga lebih ramah lingkungan.

Hal itu, kata Feby, sejalan dengan konsep kedepan di mana pengelolaan sampah akan dilakukan dengan berbasis ramah lingkungan. Motor sampah listrik tersebut, sambungnya, akan dioperasikan dalam waktu dekat.

"Sesuai arahan Pak kepala dinas kemungkinan kita akan gunakan satu unit untuk Basiba (Bank Sampah Induk), satu unit untuk kampanye ramah lingkungan dan dua unit khusus di jalur SSA, Jalan Sudirman atau Suryakencana," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait