alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Latin Niat Puasa Ayyamul Bidh Sampai 24 Agustus 2021

Pebriansyah Ariefana Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:58 WIB

Bacaan Latin Niat Puasa Ayyamul Bidh Sampai 24 Agustus 2021
Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Puasa sunah tiga hari setiap bulan pada Ayyamul Bidh mengandung banyak keutamaan. Berikut keutamaannya dikutip dari berbagai sumber.

SuaraBogor.id - Bacaan latin niat Puasa Ayyamul Bidh. Disunahkan untuk berpuasa tiga hari setiap bulannya terutama pada ayyamul bidh, yakni pada tanggal 13, 14 , dan 15 setiap bulan pada kalender Hijriyah.

Bulan dikenal sebagai bulan istimewa untuk memperbanyak ibadah sunnah.

Selain itu puasa ayyamul bidh juga dianjurkan. Ayyamul bidh disebut juga sebagai hari putih karena malam-malam pada hari tersebut dihiasi sinar rembulan purnama yang terang berwarna putih.

Puasa ayyamul bidh 22-24 Agustus 2021 dilaksanakan pada tanggal tersebut untuk bulan Muharam 1443 H.

Baca Juga: Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Jadwal Lengkapnya

Berikut sejumlah dalil yang mendasari ibadah puasa ayyamul bidh dilansir dari muslim.or.id.

  • Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)
  • Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh

Puasa sunah tiga hari setiap bulan pada Ayyamul Bidh mengandung banyak keutamaan. Berikut keutamaannya dikutip dari berbagai sumber.

Seperti puasa sepanjang tahun

Puasa 3 hari ayyamul bidh mengandung pahala seperti berpuasa sepanjang tahun. Hal tersebut sesuai dengan hadis berikut ini.

Baca Juga: Niat Puasa Ayyamul Bidh Lengkap dengan Keutamaan

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait