alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KPU di Daerah Diminta Samakan Persepsi Mengenai Pilpres 2024 dengan Legislator

Chandra Iswinarno Jum'at, 17 September 2021 | 18:08 WIB

KPU di Daerah Diminta Samakan Persepsi Mengenai Pilpres 2024 dengan Legislator
Ilustrasi pemilu (Unsplash/5Element)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di kabupaten/kota wilayah Jawa Barat (Jabar) diminta untuk menyamakan persepsi mengenai pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

SuaraBogor.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di kabupaten/kota Jawa Barat (Jabar) diminta untuk menyamakan persepsi mengenai pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan legislator.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar Yosa Octora Santono.

"Harus ada persamaan persepsi antara legislator dengan komisioner baik di daerah maupun pusat agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Bandung seperti dikutip Antara, Jumat (17/09/2021).

Dia mengatakan, merujuk pada hasil pembahasan komisioner daerah, pusat dan DPR RI, penyelenggaraan pilpres memang masih relatif lama. Namun, dia mengemukakan, persiapannya harus dimulai dari sekarang.

Baca Juga: Jokowi Disarankan Tegaskan Lagi Sikap Tolak Diusung Jadi Presiden pada Pilpres 2024

Lantaran itu, Komisi I DPRD Jabar menyatakan, pihaknya bersama KPU tingkat kabupaten/kota mulai menyamakan persepsi untuk para legislator di provinsi.

Langkah tersebut dilakukan untuk memiliki tujuan dan harapan yang sama dengan rekan-rekan KPU provinsi serta kota dan kabupaten, yaitu bagaimana menciptakan pemilu dan pileg serta pilpres yang bermartabat, aman dan adil.

Selain itu, pihaknya juga mendapat banyak hal mengenai perencanaan time table schedule dan risiko termasuk daftar inventaris masalah yang harus diperbaiki secepatnya.

Rencananya, menurut Yosa, dalam waktu dekat komisioner pusat KPU dengan DPR RI akan membahas mengenai persiapan kontestasi pesta demokrasi tersebut yang hasil diskusinya menjadi patokan di KPU daerah baik provinsi, kabupaten maupun kota.

"Hasil diskusi itu bisa menjadi patokan kita, sebab, pelaksanaannya memang masih cukup lama tetapi berdasarkan 'time table schedule' ini harus dipersiapkan dari sekarang tepatnya pada Januari 2022 mendatang," katanya. (Antara)

Baca Juga: Tiga Rencana Perubahan Pilpres 2024, Relawan Anies Baswedan Siap Hadapi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait