alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembalap Top Dunia MotoGP Komentari Keamanan Sirkuit Mandalika, Ini Kata Dorna

Andi Ahmad S Jum'at, 01 Oktober 2021 | 19:09 WIB

Pembalap Top Dunia MotoGP Komentari Keamanan Sirkuit Mandalika, Ini Kata Dorna
Proyek sirkuit Mandalika (Antara)

Mereka berkomentar kaitan keamanan pada Konsep lintasan jalanan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

SuaraBogor.id - Belakangan ini Sirkuit Mandalika menjadi perhatian pembalap top dunia MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Mereka berkomentar kaitan keamanan pada Konsep lintasan jalanan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Namun Dorna selaku penyelenggara MotoGP memastikan lintasan itu aman untuk pembalap, meski konsepnya adalah jalan umum.

Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender sementara Moto GP 2022. Namun dipastikan sirkuit tersebut akan menggelar tes pramusim. Selain itu, Sirkuit Mandalika juga dipastikan akan menggelar event World Superbike (WSBK) pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Marc Marquez Siap Tunjukkan Kemampuan Maksimal di MotoGP Amerika 2021

Saat proses pembangunan, sejumlah pembalap top MotoGP sempat menyoroti konspe lintasan jalanan di Sirkuit Mandalika.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyebut akan sangat menyenangkan membalap di lintasan jalanan. Namun, sektor keamanan untuk pembalap perlu ditingkatkan.

Kemudian pembalap Suzuki, Joan Mir, menyebut membalap di lintasan jalanan bisa berbahaya. Menurutnya, balapan di konsep jalanan itu hanya ada di masa lalu. Seperti diketahui, Sirkuit Sachsenring Jerman sempat menggunakan konsep lintasan terbuka namun akhirnya kini sudah tertutup.

Sebelum pro dan kontra itu, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyatakan Sirkuit Mandalika akan aman untuk para rider.

“Kami selalu bilang bahwa kami tak akan membalap di sirkuit jalan raya, tapi yang ini mempunyai semua fasilitas dari sirkuit jalan raya di tengah kota, semua hotel akan ada di sana tapi dengan keamanan penuh untuk para rider,” kata Ezpeleta, mengutip dari Solopos.com -jaringan Suara.com, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Jelang MotoGP Amerika 2021, Franco Morbidelli Optimis Sabet Hasil Positif

Konsultan balapan yang menggarap Sirkuit mandalika, MRK1 Consulting, juga sudah buka suara terkait keamanan sirkuit untuk membalap, kala itu. Managing Director MRK1 Consulting, Mark Hughes, menyatakan pembangunan Sirkuit Mandalika sudah sesuai standar FIM.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait