alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Gejala Sakit Jantung Wajib Diketahui, Waspada Nyeri di Area Ini

Andi Ahmad S Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:26 WIB

5 Gejala Sakit Jantung Wajib Diketahui, Waspada Nyeri di Area Ini
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)

Saat ini penyakit jantung masih menjadi nomor satu penyakit pembunuh di dunia. Karenanya guna mengurangi risiko kematian mendadak

SuaraBogor.id - Masih banyak masyarakat yang belum tahu gejala awal sakit jantung. Oleh sebab itu, bagi anda wajib tahu gejala-gejala awal yang wajib diwaspadai di area dibawah ini, tentunya untuk menjaga kesehatan anda.

Saat ini penyakit jantung masih menjadi nomor satu penyakit pembunuh di dunia. Karenanya guna mengurangi risiko kematian mendadak, penting melakukan pencegahan dengan mengetahui tanda-tanda awal penyakit jantung atau serangan jantung.

Menyadur dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com berikut beberapa gejala yang biasa dirasakan pertama kali oleh orang dengan gangguan jantung.

1. Nyeri di bagian dada

Baca Juga: Kemenkes Sebut Data Pedulilindungi Akan Terhubung Dengan Data Internasional

Ahli jantung dan lipidology dari AS, Robert Greenfield, mengatakan bahwa gejala yang paling umum dari masalah jantung adalah merasa tidak nyaman di area dada: nyeri, terasa ada tekanan, atau sesak seperti diremas. Gejala ini kemungkinan bisa menyebar ke lengan dan mungkin menimbulkan keringat dingin.

“Jika nyeri dada timbul saat beraktivitas dan mereda saat istirahat, itu disebut angina. Ini mungkin tanda peringatan kritis bahwa jantung Anda bermasalah. Nyeri angina biasanya berlangsung beberapa menit, tetapi jika berkepanjangan segera ke rumah sakit,” kata Greenfield.

2. Merasa mual saat olahraga

Ahli jantung di Providence Saint John's Health Care California, Nicole Weinberg, mengatakan bahwa gejala apapun yang terjadi setelah berolahraga perlu ditelaah lebih jauh. Misalnya, jika merasa mual saat berolahraga, itu perlu diperiksa untuk mencari tahu apa penyebabnya

"Jika gejala muncul dan tidak mereda selama lima menit, Anda harus menghubungi dokter atau melapor ke UGD," kata Weinberg.

Baca Juga: Hari Penglihatan Sedunia: Lansia Waspada Penyakit Degenerasi Makula yang Sebabkan Buta

3. Sesak Napas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait