facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prasasti Alun-alun Kota Bogor Salah Penulisan, Ternyata Penyebabnya Ini

Andi Ahmad S Senin, 20 Desember 2021 | 17:28 WIB

Prasasti Alun-alun Kota Bogor Salah Penulisan, Ternyata Penyebabnya Ini
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan foto bersama di depan plakat Alun-alun Kota Bogor yang mengalami kekeliruan penulisan. (Instagram Bima Arya)

Diketahui, penulisan prasasti yang salah itu pada kata Bismillah.

SuaraBogor.id - Polemik prasasti alun-alun Kota Bogor yang salah dalam penulisan kini tengah diperbaiki oleh Pemerintah Kota Bogor.

Diketahui, penulisan prasasti yang salah itu pada kata Bismillah.

Kesalahan tulisan tersebut ditemukan oleh Ketua Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Jawa Barat, Hasbulloh Ghazaly.

Dalam prasasti yang ditanda tangani oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto itu, terdapat bacaan Bismillah yang menggunakan kaidah Khat Kufi yang sedikit keliru jika diperhatikan lebih seksama.

Baca Juga: Penyebab Alun-alun Kota Bogor Ditutup, Padahal Baru Diresmikan Ridwan Kamil dan Bima Arya

Dia melihat, ada kekurangan huruf Alif yang seharusnya ada sebelum kata ‘Arrahman’ dan ‘Arrahiim’. Serta tidak ada titik dua pada huruf Yaa.

Hal itu pun sempat dibagikan Hasbulloh dalam akun Instagram pribadi miliknya, yang juga ditandai ke Instagram pribadi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Harusnya dalam kata Arrahman dan Arrahiim ada Alif-nya ditulis dengan jelas. Harusnya juga ada titik pada huruf Yaa-nya," katanya, dikutip Senin 20 Desember 2021.

Ia menilai, seharusnya Gubernur dan Wali Kota hendaknya meneliti bacaan tersebut terlebih dahulu sebelum membubuhkan tanda tangan di atas plakat tersebut pada Jumat 17 Desember 2021 lalu saat momen peresmian.

“Dengan koreksi ini, semoga pemerintah Kota Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperbaiki prasasti tersebut. Karena ditandatangani oleh Gubernur dan Wali Kota. Tidak elok kan kalau ada yang salah,” tuturnya.

Baca Juga: Baru Diresmikan, Alun-alun Kota Bogor Kini Ditutup Sementara

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Irfan Zacki Faizal, mengakui hal tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait