facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Sujud Syukur Serta Keutamaan Melakukannya

Risna Halidi Senin, 28 Februari 2022 | 00:00 WIB

Bacaan Sujud Syukur Serta Keutamaan Melakukannya
Ilustrasi bacaan sujud syukur (shutterstock)

Sujud syukur adalah bentuk berserah diri, bersyukur, dan memahami bahwa semua yang ada di dunia ini terjadi karena Allah SWT.

SuaraBogor.id - Bacaan sujud syukur. Sujud syukur adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sebanyak satu kali ketika seorang Muslim baru saja mendapat rejeki atau kenikmatan maupun ketika ia terlepas dari suatu kesengsaraan.

Hukum sujud syukur adalah sunnah. Berkaitan dengan sujud syukur, berikut hadis riwayat Ibnu Majah, Tirmidzi dan Abu Daud:

Dari Abu Bakrah bahwa apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam meraih sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, beliau segera sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala. (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Abu Daud; hasan).

Tata cara dan bacaan sujud syukur sangat mudah dipahami. Mulai dengan lakukan sujud syukur menghadap kiblat.

Baca Juga: Tak Cuma Bebas dari Ancaman Penjara, Mantan Guru Honorer di Garut Dapat Bantuan dari Dinas Pendidikan

Bacaan doa sujud lengkap dengan jenis-jenisnya (freepik)
Bacaan sujud syukur  (freepik)

Bacaan sujud syukur yakni:

Subhaanalloh walhamdulillah wa laa ilaaha illalloh walloohu akbar walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim

Artinya:

Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Mahabesar, dan tiada daya dan kekuatan kecuali atas izin Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung.

Doa sujud syukur lainnya yakni:

Baca Juga: Dapat Asimilasi di Rumah, Puluhan Warga Binaan Lapas Indramayu Lakukan Sujud Syukur

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin

Artinya:

Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Tak lupa juga seorang muslim membaca Surat An Naml ayat 19 yang  berbunyi:

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’laa waalidayya wa-an a’mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash shoolihiin

Artinya:

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml: 19)

Ilustrasi Muslim Bersujud. (Pixabay)
Ilustrasi Muslim Bersujud. (Pixabay)

Beberapa hikmah melaksanakan sujud syukur adalah menjauhi sikap sombong atas sikap yang diterimanya. Seorang muslim menyadari bahwa nikmat yang diterimanya merupakan anugerah dari Allah SWT.

Ia juga memperoleh kebahagiaan yang kekal karena mengetahui Allah SWT yang memberinya kenikmatan dan menjaganya. Seorang muslim juga memahami bahwa Allah SWT maha kaya dan pemilik dari segala sesuatu di dunia.

Demikian penjelasan terkait bacaan sujud syukur dan hikmah serta keutamaannya. Dengan melakukan sujud syukur, seorang muslim memahami bahwa segala hal yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT. Allah yang telah mengatur segalanya untuknya.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait