facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

776 Orang Calon Haji Asal Depok Siap Diberangkatkan, Kemenag Tunggu Keputusan Kanwil

Andi Ahmad S Selasa, 24 Mei 2022 | 14:45 WIB

776 Orang Calon Haji Asal Depok Siap Diberangkatkan, Kemenag Tunggu Keputusan Kanwil
Ilustrasi Haji (Pexels.com/Konevi)

Saat ini Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok tengah menunggu keputusan Kanwil terkait tanggal keberangkatannya.

SuaraBogor.id - Sebanyak 776 orang calon haji (calhaj) asal Kota Depok, Jawa Barat siap diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci pada 2022.

Saat ini Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok tengah menunggu keputusan Kanwil terkait tanggal keberangkatannya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Yuli Rahmawati mengatakan, ratusan calhaj ini merupakan jamaah yang keberangkatannya sempat tertunda akibat COVID-19.

Walaupun dipastikan berangkat, Yuli mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan kapan tanggal keberangkatan jamaah asal Kota Depok. Kemenag Depok masih menunggu keputusan dari Kantor Wilayah (Kanwil).

Baca Juga: Tuntunan dan Cara Membimbing Mualaf Terlengkap Sesuai Aturan Kemenag

"Sampai sekarang kami masih menunggu dari Kanwil terkait keberangkatan," jelasnya.

Menurut dia untuk keberangkatan calhaj di tahun ini ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, haji tahun ini dilakukan dengan ketentuan untuk mereka yang berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022 dan telah menerima vaksinasi lengkap COVID-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi atau minimal sudah dua kali vaksin.

"Kedua, jamaah yang berasal dari luar Kerajaan Arab Saudi juga wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif COVID-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi," jelasnya.

Dikatakannya sambil menunggu tanggal pasti keberangkatan, hingga kini masih terus dilakukan berbagai persiapan bagi jemaah calon haji. Antara lain pemeriksaan kesehatan 1 dan 2 sampai pemberian vaksin meningitis oleh Dinas Kesehatan.

"Lalu masih ada tahapan manasik, pembagian koper, kloter dan kesehatan PCR," jelasnya. [Antara]

Baca Juga: Raih Laporan Keuangan WTP Secara Berturut-turut Sejak 2010-2021, Mohammad Idris: Bukti Kota Depok Transparansi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait