facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sukabumi Makin Cakap Digital Hari Ini Berlangsung di Kampus Nusa Putra, Ajak Anak Muda Terus Produktif dengan Internet

Galih Prasetyo Senin, 30 Mei 2022 | 15:47 WIB

Sukabumi Makin Cakap Digital Hari Ini Berlangsung di Kampus Nusa Putra, Ajak Anak Muda Terus Produktif dengan Internet
Live Streaming Sukabumi Update

Pada acara ini, ratusan anak muda Sukabumi datang untuk menyerukan Internet Sehat dengan mengkampanyekan gerakan cakap digital.

SuaraBogor.id - Jawa Barat Makin Cakap Digital pada hari ini, Senin (30/5/2022) berlangsung di Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi di jalan raya Cibolang, Sukabumi, Jawa Barat.

Pada acara ini, ratusan anak muda Sukabumi datang untuk menyerukan Internet Sehat dengan mengkampanyekan gerakan cakap digital.

Acara ini sendiri adalah hasil kolaborasi Perkumpulan Mitra TIK Indonesia (ICT Watch), Suara.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dan Sukabumiupdate.com, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Universitas Nusa Putra juga diikuti ratusan pelajar dari banyak sekolah di Sukabumi secara daring atau online.

Di era saat ini, lterasi digital menjadi tantangan bagi Indonesia yang memiliki pengguna Internet tak kurang dari 204,7 juta jiwa, dengan 191,4 juta diantaranya adalah pengguna media sosial.

Baca Juga: LIVE STREAMING: Makin Cakap Digital dengan Pengenalan dan Literasi Media

Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri, karena penggunaan media sosial yang besar itu belum seiring dengan dengan kemampuan literasi digital yang memadai warganet Indonesia.

"Khususnya dalam berpikir kritis, etika bermedia sosial, menghormati privasi, serta menjaga data pribadi dan keamanan digitalnya," tulis Roadshow Workshop Literasi Digital Jawa Barat dalam rilisnya.

Tanpa kemampuan literasi digital yang memadai, maka penggunaan Internet justru akan meningkatkan problematika tersendiri. Mulai dari maraknya hoaks, pencurian data pribadi serta ujaran kebencian / SARA.

Karenanya, pada workshop hari ini, para anak muda didorong unutk menjadikan internet sebagai alat untuk semakin produktif, termasuk bagaimana penggunaan media online, media sosial dan media percakapan secara positif, kreatif dan produktif.

Jika hal tersebut dijalankan, diyakini sebagai salah satu upaya mendorong roda perekonomian baik di tingkat individu, komunitas maupun kewilayahan tertentu.

Baca Juga: Sukabumi Makin Cakap Digital: Ratusan Anak Muda Serukan Gerakan Internet Sehat

Pada workshop hari ini, para peserta nantinya diharapkan bisa meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat, khususnya terkait penanganan hoaks/disinformasi, perlindungan data pribadi dan privasi, serta keamanan digital personal yang dilandasi dengan kemampuan praktik fundamental.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait