facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada, Ada Aplikasi MyPertamina Palsu

Andi Ahmad S Senin, 04 Juli 2022 | 23:03 WIB

Waspada, Ada Aplikasi MyPertamina Palsu
Warga menunjukan Aplikasi MyPertamina di Google Playstore. Pemerintah bakal menerapkan uji coba aturan baru pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar, menggunakan QR Code. [Suara.com/Diko Eno]

Sejak aturan pembelian BBM bersubsidi pertalite dan solar diwajibkan menggunakan apliaksi MyPertamina, aplikasi ini mengalami peningkatan unduhan.

SuaraBogor.id - Bagi masyarakat yang baru menggunakan aplikasi MyPertamina untuk tetap waspada. Sebab, saat ini beredar adanya aplikasi serupa atau palsu beredar di kalangan masyarakat.

Sejak aturan pembelian BBM bersubsidi pertalite dan solar diwajibkan menggunakan apliaksi MyPertamina, aplikasi ini mengalami peningkatan unduhan.

Sayangnya, di momen ini ada beberapa pihak tak bertanggung jawab yang sengaja membuat aplikasi MyPertamina palsu.

Tentunya hal tersebut sangat mengerikan karena jika salah mengunduh maka data yang ada di ponsel bisa dicuri.

Baca Juga: Data di Aplikasi MyPertamina Sebaiknya Diverifikasi dengan Data Kemensos

Dilansir dari Suara.com, melalui media sosialnya, Pertamina mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam mengunduh aplikasi MyPertamina dan hanya diperbolehkan dari pusat aplikasi resmi untuk pengguna Android di Google Playstore sedangkan untuk pengguna iOS bisa mengunduhnya di Apps Store.

“Aplikasi MyPertamina yang resmi hanya bisa kamu download dan install dari Google Play Store dan App Store. Selain dari itu dapat dipastikan kalau itu aplikasi tidak resmi ya,” kata Pertamina mengutip deskripsi unggahannya di akun Instagram @mypertamina, Senin 4 Juli 2022.

Sehingga jika msyakarat mendapat tautan aneh dengan iming-iming aplikasi MyPertamina diduga kuat itu adalah penipuan. Jika diklik, tautan tersebut bisa membawa pengguna ke aplikasi palsu atau website berbahaya.

MyPertamina sendiri bisa diunduh oleh semua orang yang memiliki ponsel pintar baik itu yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS.

Setelah terunduh, pengguna bisa melakukan pendaftaran yang nantinya dapat terhubung dengan berbagai fitur-fitur menarik yang ada.

Baca Juga: Kota Banjarmasin Waspada Banjir Setelah Diguyur Hujan Deras Selama 7 Jam

Aplikasi MyPertamina bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital, mengakses peta fasilitas SPBU terdekat, bahkan sistem poin yang bisa dikumpulkan saat pembelian dan dapat ditukar dengan berbagai produk menarik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait