Andi Ahmad S
Proyek sirkuit Mandalika (Antara)

SuaraBogor.id - Baru-baru ini para pembalap MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Márquez turut berkomentar soal Sirkuit Mandalika. Mereka menyebut, jika balapan di sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu memiliki kesan yang menarik.

Namun, hal itu tidak dengan juara bertahan Moto GP, Joan Mir, dia menyebut balapan di trek terbuka atau jalanan seperti konsep Sirkuit Mandalika bisa berbahaya.

Mengutip dari Solopos.com -jaringan Suara.com, seperti diketahui, Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara barat, masuk dalam kalender sementara Moto GP 2022. Namun, sirkuit tersebut sudah dipastikan akan menggelar tes pramusim. Sirkuit Mandalika sendiri mengusung konsep urban lintasan atau lintasan di jalanan umum.

Valentino Rossi saat membalap di MotoGP Inggris 2021 (Twitter)

Lintasan itu berada di kawasan wisata di Mandalika. Saat ada event balapan, lintasan itu akan ditutup. Sementara tidak ada event balapan, sebagian jalan akan dibuka dan bisa digunakan untuk jalur wisata.

Baca Juga: Tidak Terima Ajang Formula E Dianggap Pemborosan, Pemprov DKI Singgung MotoGP Mandalika

Konsep ini sudah diterapkan di ajang Formula 1 dengan beberapa tuan rumah menerapkan lintasan jalanan. Saat dimintai komentar terkait gelaran Moto GP di Sirkuit Mandalika yang mengusung konsep lintasan jalanan umum pada Juni 2021 lalu, Joan Mir menyebut perlu ada peningkatan keamanan.

“Saya belum pernah melihat balapan di sirkuit jalan umum, tetapi saya telah melihat foto dan beberapa video. Sangat mengesankan melihat kondisi balapan bertahun-tahun lali di Sachsenring lama,” kata Mir.

Joan Mir dengan motor Suzuki-nya (Twitter)

“Saya tidak berpikir Anda bisa mendapatkan tingkat keselamatan tinggi yang sama di jalan umum seperti yang dilakukan di sirkuit tertutup. Ada banyak rintangan dan saya menganggapnya berbahaya, terutama mengingat kekuatan motor Moto GP,” lanjut sang juara dunia.

Seperti diketahui, Sirkuit Sachsenring, Jerman, pernah menggelar balapan grand prix dengan konsep lintasan di jalanan umum pada 1961 hingga 1972. Setelah vakum, Sachsenring kembali menggelar balapan kejuaraan dunia pada 1998, namun dengan konsep lintasan yang sudah tertutup.

Baca Juga: Dominasi Marc Marquez di Sirkuit COTA Terancam, Begini Kata the Baby Alien

Komentar