Pebriansyah Ariefana
Ilustrasi Berdoa, doa. [Envato Elements]

SuaraBogor.id - Berikhtiar menyembuhkan penyakit dengan pergi ke ahli medis merupakan sebuah keharusan. Namun, jangan lupa untuk berdoa agar langkah medis mendapat kekuatan dari Allah SWT. Berikut ini doa memohon kesembuhan untuk penyakit diri sendiri.

Tenaga medis dengan ilmunya merupakan bentuk dari ikhtiar manusia untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Ilmu tersebut dipelajari dengan akal pikiran yang diberikan Allah SWT. Manusia tak hanya berdiam menunggu kesembuhan, namun juga berusaha.

Ketika ikhtiar kesembuhan sudah dilakukan, maka hal itu wajib dilengkapi dengan berdoa kepada Allah SWT. Sebagaimana tertuang dalam surat Al Anam ayat 17, Allah SWT merupakan maha kuasa atas segala sesuatu, termasuk memberi dan menghilangkan kemiskinan atau penyakit.

Tulisan Latin:

Baca Juga: Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Adab yang Harus Diketahui

Wa iy yamsaskallhu biurrin fa l ksyifa lah ill huw, wa iy yamsaska bikhairin fa huwa 'al kulli syai`ing qadr Terjemah

Artinya:

Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, seperti dalam hadits riwayat Muslim dari Jabin bin Abdillah.

"Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu Wa Taala."

Baca Juga: Hati-Hati! Bakteri di Uang Kotor Bisa Timbulkan Penyakit

Doa Memohon Kesembuhan

Lalu, doa apa yang dibaca sebagai doa kesembuhan diri sendiri dari penyakit? Berikut ini doa yang diajarkan Rasulullah SAW berdasarkan riwayat Imam Muslim, dari Ustman bin Abil Ash. Doa dibaca sembari memegang bagian tubuh yang sakit.

Tulisan Latin:

Bismillah (3 kali)

A‘dzu billhi wa qudratih min syarri m ajidu wa uhdziru (7 kali)

Artinya:

Dengan nama Allah

Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan

Kemudian, dikutip dari NU Online, seseorang yang sakit juga disunnahkan membacara surah Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Caranya juga sama, surah dibaca sambil memegang bagian tubuh yang sakit.

Doa juga bisa diucapkan oleh anggota keluarga, atau kerabat dalam satu ruangan yang sama. Doa memohon kesembuhan ini dibaca dihadapan orang yang sakit.

Tulisan Latin:

As’alullhal azhma rabbal ‘arsyil ‘azhmi an yassfiyaka.

Artinya:

"Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Jika penyakit telah diangkat oleh Allah SWT, hendaknya manusia juga beriktiar dengan menjalankan pola hidup sehat. Baik itu makan, olahraga dan istirahat yang teratur.

Demikian pembahasan mengenai doa memohon kesembuhan penyakiit dari dalam diri. Semoga bisa bermanfaat. Sementara bila ada yang sakit, semoga segera diberi kesembuhann.

Kontributor : Lukman Hakim

Komentar