alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan, Bisa Obati Sakit Kepala Hingga Kanker

Andi Ahmad S Rabu, 21 Juli 2021 | 15:22 WIB

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan, Bisa Obati Sakit Kepala Hingga Kanker
Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)

Kandungan nutrisi kulit pisang umumnya tidak jauh berbeda dengan buahnya. Berikut ini adalah berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit pisang:

SuaraBogor.id - Banyak yang belum tahu manfaat kulit pisang. Ternyata, kulit pisang bisa bermanfaat untuk kesehatan, seperti bisa mengobati sakit kepala hingga kanker.

Disitat dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, kandungan Nutrisi pada Kulit Pisang.

Kandungan nutrisi kulit pisang umumnya tidak jauh berbeda dengan buahnya. Berikut ini adalah berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit pisang:

  • Serat
  • Vitamin, termasuk vitamin B6 dan vitamin B12
  • Mineral, berupa magnesium dan kalium
  • Lemak tak jenuh
  • Asam amino esensial

Tak hanya itu, kulit pisang juga mengandung banyak antioksidan, seperti fenolik, flavonoid, tanin, karotenoid dan polifenol. Kulit pisang juga diketahui mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang efektif mampu melawan bakteri, jamur, dan ragi.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Mengingat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang cukup banyak, kulit pisang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Merawat kulit wajah

Ada banyak manfaat kulit pisang untuk kesehatan kulit wajah, mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, meredakan mata bengkak, melembapkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, mengatasi psoriasis, hingga menghilangkan kutil.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada wajah atau area wajah tertentu yang dibutuhkan. Meski khasiat ini belum diuji secara klinis, kandungan senyawa yang bersifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi di dalam kulit pisang terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

Baca Juga: Anies Usulkan Revisi Perda Covid-19, Pelanggar Masker hingga Pengusaha Kafe Bisa Dipenjara

2. Menjaga kesehatan rambut

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait