alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bangunan Sekolah Madrasah dan Rumah di Cianjur Rusak Terkena Longsor

Andi Ahmad S Senin, 20 September 2021 | 11:20 WIB

Bangunan Sekolah Madrasah dan Rumah di Cianjur Rusak Terkena Longsor
Bangunan sekolah madrasah terkena longsor tebing setinggi 7 meter di Cianjur [Ist]

Berdasarkan informasi yang diperoleh longsor di Cianjur tersebut terjadi usai hujan deras turun diwilayah itu selama beberapa jam pada Minggu (19/9/2021) malam.

SuaraBogor.id - Hujan yang mengguyur wilayah Cianjur menyebabkan sekolah Madrasah dan rumah tergerus longsor tebing setinggi tujuh meter di Kampung Bojongkopo RT05/ RW 01, Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan informasi yang diperoleh longsor di Cianjur tersebut terjadi usai hujan deras turun diwilayah itu selama beberapa jam pada Minggu (19/9/2021) malam. Akibatnya, satu Sekolah Madrasah Aliyah (MA) dan satu rumah warga rusak.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Nurul Aqlam, Herlan mengungkapkan, longsor tersebut terjadi setelah hujan deras selama beberapa jam turun, dan mengakibatkan dinding penahan tebing ambruk serta mengenai bangunan sekolah.

"Akibat hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam, tembok penahan tebing setinggi 7 meter pun roboh akibat tidak kuat menawah tanah," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Pelaku Wisata di Cianjur Wajib Penuhi Aturan dan Prokes Ketat

Akibat tanah longsor itu, kata dia, dua ruangan terdiri dari ruang guru dan ruangan kelas 12 rusak karena diterjangan tanah dan material longsor.

"Tidak ada korban jiwa dan luka akibat bencana itu, namun jarak antara tebing dengan bangunan sekolah yang sangat dekat membuat dua bangunan kelas lainnya juga ikut terancam," katanya.

Ia menjelaskan, saat kejadian siswa - siswi tengah belajar bangunan yang jauh dari tebing yang mengalami longsor. Sejumlah santri pun langsung dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Untungnya anak-anak MA lagi belajar di kobong di bangunan yang satu lagi jadi tidak ada korban. Lebar longsoran kurang lebih 10 meter dengan jarak antara tebing dengan bangunan sekitar 2 meter. Dua ruangan kelas lagi juga terancam," jelasnya.

Menurutnya, tidak hanya bangunan sekolah, satu rumah warga yang berada di samping sekolah juga ikut tertimpa material longsor dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Baca Juga: Tabrak Santri Hingga Tewas, Sopir Truk Menyerahkan Diri ke Polres Cianjur

"Satu rumah juga ikut tertimpa yang berada di samping sekolah. Rumah jebol dan tiang rumah pada patah. Sekarang kita bersama anak-anak kobong sedang berusaha menyelamatkan berkas sekolah yang berada di kantor," kata dia.

Sekertaris Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sopyan, mengungkapkan, terkait adanua tebing longsor di Kecamatan Cibeber, pihak telah menurunkan sejumlah personil, dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Petugas BPBD telah diturunkan ke lokasi, kita juga berkoodirnasi dengan RETAN setempat. Kita liat situasinya terlebih dulu, jika memungkinkan akan dilakukan evakuasi malam ini, bila tidak besok," katanya.

Kontributor : Fauzi Noviandi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait