alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KADIN Kabupaten Bogor Harus Perkuat Daya Saing UMKM

Andi Ahmad S Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:36 WIB

KADIN Kabupaten Bogor Harus Perkuat Daya Saing UMKM
Pelantikan pengurus KADIN Bogor [Ist]

Peran tersebut sangat dibutuhkan dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi covid-19.

SuaraBogor.id - Ketua DPRD Kabupaten Rudy Susmanto berharap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bogor turut berperan aktif dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor. Peran tersebut sangat dibutuhkan dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi covid-19.

"KADIN punya peran strategis di sektor ekonomi. Saya berharap peran KADIN juga ditingkatkan dalam meningkatkan daya saing UMKM kita baik dari aspek produksi juga perluasan pasar," kata Rudy, usai menghadiri Pelantikan Penguus KADIN Kabupaten Bogor, Rabu (27/10/2021).

Rudy menambahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi sektor UMKM terhadap serapan tenaga kerja sebesar 25,27 persen atau 592.089 orang dari total 2.342.939 angkatan kerja yang terserap.

"Namun, pengembangan UMKM masih mengalami banyak persoalan dari mulai legalitas, kemampuan produksi hingga pemasaran," katanya.

Baca Juga: Belasan Warga Bojonggede Resah Ada Dugaan Pungli Program PTSL

Dalam kesempatan tersebut, Rudy juga mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya saing UMKM Kabupaten Bogor. Namun, kondisi pandemi yang berjalan hampir dua tahun belakangan ini, membuat berbagai sektor terpukul termasuk UMKM.

"Sekarang kita berada momentum untuk bangkit dan kita harus memanfaatkan momentum ini dengan bersinergi," katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Bogor, Ade Yasin. Bupati Bogor berharap Kadin dapat meningkatkan perannya sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan lebih banyak terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan perluasan pemasaran produk baik ke pasar domestik maupun internasional.

Ade Yasin mengungkapkan, sektor perdagangan dan perindustrian memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Kabupaten Bogor dan merupakan penyumbang terbesar bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

"Berdasarkan data BPS tahun 2020, menurut lapangan usaha sektor industri manufaktur memberikan andil sebesar 53,67% terhadap total PDRB. Sementara sektor perdagangan menyumbang 12,06%, jika digabung kontribusi perdagangan dan industri terhadap PDRB Kabupaten Bogor mencapai 65,73%," terang Bupati Bogor.

Baca Juga: Kasus Bocah SD Tewas di Kebun Bambu Diambil Alih Polres Bogor

Dirinya juga berharap KADIN dapat mempererat silaturahmi dan kerjasama antara para pengusaha dan masyarakat, serta dapat melakukan berbagai rumusan untuk melahirkan gagasan yang inovatif dalam program kerja KADIN kedepan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait