alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dear Warga Bogor! Coba Layanan Drive Thru Disdukcapil Terbaru, Palayanan Cuma 10 Menit

Hairul Alwan Sabtu, 27 November 2021 | 09:30 WIB

Dear Warga Bogor! Coba Layanan Drive Thru Disdukcapil Terbaru, Palayanan Cuma 10 Menit
Layanan Drive Thru Disdukcapil Kota Bogor. [IST]

Pelayanan SOP dan Drive Thru Disdukcapil itu dilaunching Jumat (26/11/2021) kemarin oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

SuaraBogor.id - Khusus untuk warga Kota Bogor, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kota Bogor menyiapkan layanan Drive Thru di Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor.

Pelayanan SOP dan Drive Thru Disdukcapil itu dilaunching Jumat (26/11/2021) kemarin oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Ia sangat mengapresiasi inovasi Drive Trhru Disdukcapil yang merupakan satu-satunya di Indonesia itu.

“Saya apresiasi yang dilakukan Disdukcapil dan terima kasih atas kerja kerasnya mudah-mudahan yang dilakukan betul-betul dirasakan sama warga,” kata Bima Arya.

Layanan Drive Thru Disdukcapil Kota Bogor. [IST]
Layanan Drive Thru Disdukcapil Kota Bogor. [IST]

Bima Arya bercerita pada Juli 2018 mendapat kiriman foto dari warga yang mengantri layanan Disdukcapil dari subuh dan mencapai 1 Km. Berdasarkan kejadian itu, Disdukcapil mulai membenahi sistem, berkoordinasi dengan wilayah, membenahi peralatan dan meningkatkan SDM.

Baca Juga: Evakuasi Penerbang Paralayang Lambat, Keberadaan Tim Rescue Paralayang Dipertanyakan

“Saya lihat hari ini semuanya sudah jauh lebih membaik, ukurannya sederhana, dulu mayoritas DM IG atau WhatsApp dari warga urusan KTP, kalau sekarang hampir sudah tidak ada yang mengeluh soal pengurusan KTP,” sebutnya.

Kata Bima Arya, tugas utama Disdukcapil memang di pencatatan dan pelayanan yang saat ini sudah lebih mudah dan pencatatan sudah lebih baik.

Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau langsung layanan Drive Thru di Kota Bogor, Jumat [27/11/2921]
Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau langsung layanan Drive Thru di Kota Bogor, Jumat [27/11/2921]

Meski demikian, Disdukcapil juga dibutuhkan sebagai dasar membuat kebijakan seperti data kemiskinan, kesehatan, UMKM dan lainnya. Karenanya Disdukcapil juga harus melakukan pembenahan data-data kependudukan.

“Contohnya di target vaksinasi di Kota Bogor 819 ribu orang, saat ini sudah mencapai 80 persen tapi setelah itu stuck dan disalib daerah lain dugaan saya mungkin ada persoalan di updating data,” tegasnya.

Karenanya, Bima Arya berharap Disdukcapil terus berinovasi bukan saja mempercepat pelayanan, tapi juga mempermudah dan membahagiakan warga.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Ganjil Genap untuk Jalan Menuju Tempat Wisata Mulai Akhir Desember

Lebih lanjut, Bima Arya memaparkan, kini pelayanan Drive Thru lebih cepat hanya dalam hitungan menit sehingga tidak memakan waktu, mempermudah dan aman secara prokes karena tidak perlu turun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait