facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Latin Surah Al Maun Berikut Makna dan Keutamaannya

Dany Garjito Rabu, 06 April 2022 | 14:17 WIB

Bacaan Latin Surah Al Maun Berikut Makna dan Keutamaannya
Ilustrasi membaca Alquran (pixabay)

Al Ma'un sendiri artinya adalah hal-hal yang berguna.

SuaraBogor.id - Surah Al Ma’un adalah surah ke-107 dalam Alquran. Surah yang terdiri dari tujuh ayat ini termasuk dalam golongan surah Makkiyah, ayat-ayat yang turun sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Al Ma'un sendiri artinya adalah hal-hal yang berguna. Kata Al Maa'uun berarti bantuan penting atau hal-hal berguna, diambil dari ayat terakhir dari surah ini. Hal berguna tersebut semisal meyantuni fakir miskin dan anak yatim. Surah ini juga berisi tentang ancaman terhadap mereka yang menodai nilai-nilai ajaran agama Islam yakni mereka yang menindas anak yatim.

Selain membahas soal bantuan ke sesama, Surah Al Ma’un menjelaskan tentang salatnya orang munafik. Dalam surah tersebut, ada penggambaran seorang mukmin yang hanya mengerjakan salat hanya di depan mukmin lainnya karena ingin dipuji. Orang ini termasuk dalam golongan munafik serta perbuatan tercela. Secara umum, Al-Maun merupakan kisah cinta dan peduli terhadap sesama, yang merupakan tujuan agama Islam.Pada dasarnya isi pokok Surat Al-Maun menerangkan ancaman terhadap golongan yang menodai agama. Golongan yang menodai agama ini disebut juga sebagai pendusta agama.

1.       Keutamaan Surah

Ada berbagai ajaran do Surah Al - Ma’un yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Keutamaan yang didapat dari membaca Surah Al Ma’un adalah meningkatnya semangat untuk berbuat ikhlas dalam beramal dan waspada terhadap riya dan sum’ah. Spirit mengerjakan kebajikan, berbuat baik kepada orang lain, spirit menunaikan sholat pada waktunya dan masih banyak keutamaan lain bisa Anda dapatkan dengan membaca Surah Al-Maun.

Baca Juga: Kumpulan Doa 10 Hari Pertama Ramadhan untuk Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT

2.       Bacaan Surah

A ra' aitallazi yukazzibu bid-din

Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Fa zalikallazi yadu''ul-yatim

Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Kabar Kemunculan Alquran Terjemahan Palsu, Benarkah?

Wa la yahuddu 'ala ta'amil-miskin

Dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

Fa wailul lil-musallin

Maka celakalah orang yang salat,

Allazina hum 'an salatihim sahun

(yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya,

Allazina hum yura' un

Yang berbuat riya,

wa yamna'unal-ma'un

Dan enggan (memberikan) bantuan.

Demikian bacaan latin Surah Al Ma’un ayat 1-7 berikut keutamaan dan artinya.  Semoga bacaan dan arti dari surat tersebut dapat kita resapi dan tunaikan di kehidupan sehari-hari.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait