alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rudy Susmanto Minta Pemerintah Dorong SDM Agar Kuasai Iptek

Andi Ahmad S Selasa, 09 November 2021 | 21:42 WIB

Rudy Susmanto Minta Pemerintah Dorong SDM Agar Kuasai Iptek
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto [Ist]

Dia meminta Pemkab Bogor perbaiki SDM agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang mumpuni.

SuaraBogor.id - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meinta kepada pemerintah untuk memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia meminta Pemkab Bogor perbaiki SDM agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang lebih mumpuni kembali.

"Masa depan Indonesia akan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang memiliki nilai budaya, memahami, dan menguasai mekanisme pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto di Cibinong, Bogor, Selasa.

Ia menekankan, sektor pendidikan memainkan peranan penting dalam mencetak SDM yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Maka ia meminta agar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: SDM dan Teknologi Jadi Kunci untuk Memperkuat Ketahanan Industri

"Pendidikan kita harus bisa menjangkau kebutuhan SDM di masa yang akan datang. Dan yang tidak kalah penting adalah memegang nilai-nilai luhur kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa kita," katanya

Untuk mencapai hal tersebut, sambungnya, Dinas Pendidikan harus bersinergi dengan banyak pihak. Peranan akademisi di lembaga vertikal maupun horisontal, sektor dunia industri, praktisi kebudayaan, dan peranan masyarakat yang concern (perhatian) dalam pembangunan sumber daya manusia sangat diperlukan.

Ia mengingatkan bahwa era digital membuka ruang yang sangat luas dan cepat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk masuknya budaya luar yang dapat memengaruhi kebudayaan lokal.

"Karena itu kita harus menginventarisir kebudayaan kita sendiri, bangga dengan kebudayaan yang kita punya dan menjadikan nilai-nilai luhur kebudayaan kita sebagai bagian dari jati diri bangsa," ujarnya.

Rudy meminta, agar pemerintah membuka ruang komunikasi untuk menampung berbagai masukan, memadukan ide dan gagasan, serta strategi dan aksi konkret untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Mensos Risma: Tagana Perlu Memiliki Kemampuan Analisis Situasi Bencana

"Intinya kita harus bersinergi dalam upaya menyiapkan SDM yang berkualitas," kata Rudy. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait