alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalan Penghubung Cianjur-Bandung di Naringgul Amblas, Petugas Berlakukan Sistem Satu Arah

Andi Ahmad S Sabtu, 20 November 2021 | 14:29 WIB

Jalan Penghubung Cianjur-Bandung di Naringgul Amblas, Petugas Berlakukan Sistem Satu Arah
Jalan penghubung antar kabupaten di wilayah selatan Cianjur, Jawa Barat, yang menghubungkan Cianjur-Bandung, tepatnya di Kecamatan Naringgul, amblas, sehingga sebagian landasan jalan hilang, Jumat (19/11/2021). ANTARA/Ahmad Fikri)

Jalan amblas penghubung Cianjur-Bandung itu, terjadi setelah kawasan Naringgul, diguyur hujan deras.

SuaraBogor.id - Jalan penghubung antar Cianjur-Bandung di Naringgul amblas. Peristiwa itu terjadi tepatnya di Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Saat ini, warga beserta petugas melakukan sistem satu arah di jalan amblas tersebut. Arus lalu lintas pun sempat tersendat.

Kepala Pengawas Lapangan (Kawaslap) Kementerian PUPR, PPK 2.5 Jabar, Heri Kuswera saat dihubungi mengatakan, jalan amblas penghubung Cianjur-Bandung itu, terjadi setelah kawasan Naringgul, diguyur hujan deras.

"Akibatnya tebing penyangga jalan di Kampung Ciuja, Desa Sukabakti, longsor sehingga sebagian dari landasan jalan amblas. Kami yang mendapat laporan, langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk memasang garis polisi," katanya.

Baca Juga: Selingkuh jadi Salah Satu Pemicu, Puluhan PNS di Bandung Barat Pilih Cerai Selama Pandemi

Hingga Jumat malam, petugas dari Polsek Naringgul, dibantu warga sekitar berusaha mengatur arus lalulintas yang cukup padat, karena diberlakukan sistem satu arah secara bergantian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, terlebih longsor susulan di bagian bawah jalan rentan terjadi.

Pihaknya, telah melaporkan kejadian tersebut ke Kementerian PUPR Pusat dan BPBD Cianjur, serta aparat setempat, sebelum melakukan perbaikan. Namun, untuk perbaikan, masih menunggu petunjuk karena tebing penyangga jalan rentan kembali longsor.

"Kita masih menunggu instruksi dari kantor pusat, untuk melakukan penanganan dan perbaikan landasan jalan yang berstatus jalan nasional penghubung antar kabupaten Cianjur-Bandung. Kita berharap dapat segera dilakukan," katanya.

Sementara pengendara dengan tujuan Bandung atau sebaliknya dari Cianjur, terpaksa harus mengantri saat melintas di lokasi jalan amblas karena diberlakukan sistem satu arah secara bergantian. Antrian panjang kendaraan terlihat terus memanjang dari kedua arah.

"Kendaraan berat tidak diizinkan untuk melintas karena landasan jalan rawan amblas kembali, hanya kendaraan kecil jenis bak terbuka dan kendaraan pribadi yang boleh melintas untuk sementara. Kita siagakan anggota untuk mengatur arus lalintas dibantu warga dan relawan," kata anggota Polsek Naringgul, Doni.

Baca Juga: Manusia Prasejarah Diduga Pernah Ada di 29 Gua Kars Citatah Bandung Barat

Pihaknya mengimbau pengendara yang melintas ekstra hati-hati dan waspada karena tebing penyangga jalan rentan kembali longsor karena hingga malam ini, hujan masih mengguyur kawasan tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait