facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dear Jamaah Umroh, Harus Baca Aturan Ini Setelah Pulang dari Arab Saudi

Andi Ahmad S Senin, 10 Januari 2022 | 20:59 WIB

Dear Jamaah Umroh, Harus Baca Aturan Ini Setelah Pulang dari Arab Saudi
Seorang petugas menunjukan kondisi lengang disekitar Kabah saat ibadah Umroh di Arab Saudi disiarkan langsung lewat media sosial, saat hari pertama kembali beroperasinya kantor Muhibbah Tour, di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (3/11/2020). [ANTARA FOTO/FB Anggoro]

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, karantina untuk jamaah haji ini selama 7 hari.

SuaraBogor.id - Bagi jamaah umroh yang baru pulang dari Arab Saudi diwajibkan untuk karantina jika tiba di Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, karantina untuk jamaah haji ini selama 7 hari.

"Tetap harus karantina 7 hari, kan buat keamanan kita semua, keamanan yang bersangkutan, keamanan kita semualah iya kan?" kata Luhut, mengutip dari Antara.

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan pada Sabtu (8/1/2022) sudah ada 419 jemaah umroh Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi.

Baca Juga: Larangan Ekspor Batu bara, Pemerintah Mulai Luluh Mau Longgarkan Lagi

Pemberangkatan tersebut merupakan kali pertama bagi jemaah umrah Indonesia setelah ditutupnya pintu umrah sejak awal pandemi 2020 lalu.

"Kan mereka sudah berangkat, masa disuruh mundur lagi?" ungkap Luhut.

Pemberangkatan 419 orang jemaah umrah tersebut disebut telah mengikuti prosedur "One Gate Policy" (Kebijakan Satu Pintu) yaitu kebijakan sistem pemberangkatan jemaah secara terpusat yang telah ditetapkan Kementerian Agama.

Aturan tersebut mengatur seluruh jemaah umrah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan menjalani karantina di Jakarta.

Kebijakan itu juga mengatur tentang pemeriksaan kesehatan, tes PCR/SWAB, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian, hingga pengurusan dokumen lainnya.

Baca Juga: Luhut Minta Semua Orang Patuh Aturan Karantina: Jangan Minta Dispensasi Kanan-Kiri!

Namun Luhut menghimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar negeri kecuali untuk hal-hal mendesak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait