facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

19 Tahun Terbit, Hari Ini Edisi Terakhir Koran Tempo Cetak

Pebriansyah Ariefana Kamis, 31 Desember 2020 | 12:26 WIB

19 Tahun Terbit, Hari Ini Edisi Terakhir Koran Tempo Cetak
Edisi terakhir Koran Tempo Cetak (Suara.com)

Beralihnya Koran Tempo ke platform digital menyusul bergesernya para pembaca koran ke digital.

SuaraBogor.id - Koran Tempo cetak tutup dan pindah ke platform digital. Koran Tempo Cetak tutup setelah 19 tahun terbit.

Kamis (31/12/2020) hari ini edisi Koran Tempo cetak terakhir. Hal itu dibenarkan oleh Direktur Pengembangan Bisnis Tempo.co, Tomi Aryanto.

Koran Tempo adalah sebuah koran berbahasa Indonesia yang terbit di Indonesia. Pemiliknya adalah PT Tempo Inti Media. Tempo sebelumnya dikenal dengan Majalah Temponya. Ia pertama kali diterbitkan pada 2 April 2001 dengan sirkulasi sebesar 100.000 setiap hari.

Ke depan, Koran Tempo menerbitkan platform digital mulai 1 Januari 2021. 

Baca Juga: Akun Instagram Pemimpin Redaksi Koran Tempo Diretas

Menurutnya, keputusan itu diambil jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi di Tanah Air. Tomi menyebut beralihnya Koran Tempo ke platform digital menyusul bergesernya para pembaca koran ke digital.

Edisi terakhir Koran Tempo Cetak (Suara.com)
Edisi terakhir Koran Tempo Cetak (Suara.com)

"Jadi tidak ada hubungannya dengan pandemi yang terjadi setahun terakhir. Tapi memang kita melihat ada tren global yang terjadi pada media cetak, dimana dalam beberapa tahun terakhir pembacanya beralih ke platform digital," ujarnya dihubungi SuaraJakarta.id, Kamis (31/12).

Beralihnya pembaca Koran Tempo ke digital sudah terjadi cukup lama. Pembaca lebih suka membaca Koran Tempo versi digital.

"Pembaca digital jauh lebih suka membaca berita itu di platfrom digital. Jadi kita mau lihat tren itu. Itulah sebabnya yang paling utama," sebutnya.

"(Bahkan) Covid-19 ini justru membuktikan kepada kita pembaca digital itu enggak terpengaruh. Dalam beberapa hal jumlah pembaca digital kita bertambah. Begitu juga penghasilan dari sektor digital itu dimasa pandemi justru meningkat," sambungnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Koran Tempo Kabarkan Jakarta Lockdown?

Lebih rinci, Tomi menyampaikan, pembaca Koran Tempo di platfrom digital sejak dimulai tiga tahun belakangan, terus semakin bertambah banyak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait