alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bandung Jadi Kota Tercerdas di Indonesia

Andi Ahmad S Selasa, 06 April 2021 | 07:05 WIB

Bandung Jadi Kota Tercerdas di Indonesia
Ilustrasi Bandung jadi kota tercerdas di Indonesia. (Unsplash.com)

Eden Strategy Institute melakukan studi dengan memperoleh hasil 50 besar smart city di dunia, dan salah satunya berasal dari Indonesia yakni Kota Bandung.

SuaraBogor.id - Bandung dinobatkan jadi kota tercerdas di Indonesia. Hal itu diketahui dari Eden Strategy Institute, yang merupakan firma konsultan di Singapura.

Eden Strategy Institute melakukan studi dengan memperoleh hasil 50 besar smart city di dunia, dan salah satunya berasal dari Indonesia yakni Kota Bandung.

Kota Bandung di Jawa Barat menjadi satu-satunya wilayah dari Indonesia yang masuk dalam jajaran 50 besar best smart city dunia.

Dengan demikian, Bandung menjadi kota tercerdas di Indonesia.

Hasil studi yang baru saja dipaparkan pada Rabu (31/3/2021) itu, Bandung menempati peringkat ke 28 dari 50 best smart city dunia. Posisi Bandung diapit oleh Kota Oslo di Swedia (peringkat 27) dan Kota Hangzhou, China (peringkat 29).

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Pedagang Motor Bekas Jarang Jual Vespa

Untuk menentukan 50 best smart city, Eden Strategy Institute mengevaluasi dan menilai lebih dari 230 kota yang ada di dunia.

"Peringkat teratas kota pintar tahun 2020 - 2021 dinilai mampu berkolaborasi dan bermitra dengan para pemangku kepentingan lain dari sektor publik dan swasta. Selain itu, menggunakan solusi dan data digital untuk memberikan layanan dan membuat keputusan dengan tetap mempertimbangkan implikasi pada inklusi dan kepercayaan warga,” ungkap Managing Partner di Eden Strategy Institute, Calvin Chu Yee Ming, sebagaimana telah diberitakan situs resmi Pemkot Bandung.

Menyandang predikat kota tercerdas di Indonesia, Wali Kota Bandung, Oded M Danial benar-benar mengapresiasi penghargaan tersebut.

"Terlebih dalam penghargaan yang diraih ini, Pemkot Bandung dapat dikatakan berada dalam kumpulan kota-kota besar dunia lainnya, seperti Seoul, London, Barcelona, Helsinki, yang dikenal sebagai kota-kota sudah sangat mau dan mapan dalam pengembangan kota pintar," tukasnya.

Baca Juga: Anaknya Ditelantarkan Bos BUMN, Model Era Setyowati Ngadu ke KPAI

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait