alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Andi Ahmad S Kamis, 15 April 2021 | 12:03 WIB

8 Amalan-Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan
Ilustrasi amalan sunnah Ramadhan.

Ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan

SuaraBogor.id - Seluruh umat muslim di dunia saat ini sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Selain Puasa sebagai ibadah utamanya, beragam amalan sunnah selama Ramadhan pun menjadi istimewa karena mendapatkan pahala berlipat ganda.

Ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan dan ganjaran pahalanya berlipat ganda.

Di antaranya termasuk sunnah qauliyah dan fi’liyah. Berikut diantara amalan-amalan Sunnah di bulan Ramadhan.

1. Makan Sahur

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Pekanbaru dan Sekitarnya, Rabu 15 April 2021

Sebagian orang menganggap, makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan bukanlah sesuatu yang wajib.

Padahal, Rasulullah SAW bersabda, makan sahur menjelang terbitnya sang fajar merupakan sesuatu amalan yang mendapatkan doa dari para malaikat. Sebagaimana dalam hadist riwayat berikut ini,

“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (H.R. Ahmad dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu).

2. Bersedekah

Amalan sunah saat Ramadan yang juga mendatangkan ladang pahala adalah bersedekah. Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma dalam sebuah hadist shahih berikut ini. Kebaikan dan kebiasaan Rasulullah untuk bersedekah disebut semakin meningkat di bulan Ramadan hingga diibaratkan layaknya angin yang berhembus.

Baca Juga: THM di Bogor Tak Boleh Beroperasi Hingga H+7, Pasca Hari Raya Idul Fitri

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadan, dia bertadarus Alquran bersamanya. Maka, Rasulullah sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus.” (H.R. Bukhari No. 3220).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait