alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Ini Saat Tahu Gus Miftah Masuk Gereja

Andi Ahmad S Rabu, 05 Mei 2021 | 03:50 WIB

Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Ini Saat Tahu Gus Miftah Masuk Gereja
Gus Miftah di GBI Amanat Agung Jakarta - (Instagram/@gusmiftah)

Lewat lewat sebuah video ceramahnya Ustaz Adi Hidayat ingatkan Gus Miftah yang berpidato di sebuah Gereja.

SuaraBogor.id - Pendakwah Nahdlatul Ulama (NU) Gus Miftah baru-baru ini menjadi perbincangan banyak orang, salah satunya dari Ustaz Adi Hidayat.

Lewat lewat sebuah video ceramahnya Ustaz Adi Hidayat ingatkan Gus Miftah yang berpidato di sebuah Gereja.

Ustaz Adi Hidayat dalam video ceramahnya yang tayang di kanal Youtube Channel Love Islam, juga pernah menyampaikan soal hukum masuk gereja.

Dalam video itu, Adi Hidayat mengutip halaman 14 dari kitab Risalah Ahlissunnah wal Jamaah karya pendiri Nahdatul Ulama KH Muhammad Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Klarifikasi Ceramah di Gereja, Gus Miftah: Terimakasih, Hujat Saya Kafir

"Yang menarik di halaman 14 kata beliau bahkan nanti akan ditemukan orang maaf-maaf (ikut) ke gereja. Jadi tahun 1330 itu sudah ada yang ikut-ikutan. Kan Portugis yang pertama kali membawa agama kristen katolik ke kita ke Nusantara lewat Selat Malaka. Dia masuk ke wilayah timur membawa tiga misi Gold, Glory, and Gospel," ujar Ustaz Adi Hidayat dalam videonya tersebut, dikutip Terkini.id -jaringan Suara.com.

Menurutnya, gold dimaksudkan mencari rempah-rempah yang disebut emas hijau. Glory mencari ekspansi atau penjajahan, dan Gospel adalah membawa kepercayaannya untuk disebarkan.

"Apa yang pertama dia lakukan itu dia membangun tempat ibadah, gereja. Bagaimana cara ibadahnya itu, pertama mereka datang dua hari setelah orang Islam ibadah. Orang Islam umumnya datang ke masjid pada hari Jumat, dua hari setelah itu mereka berangkat ke gereja," tuturnya.

Ia pun mengingatkan kembali soal fatwa pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari terkait larangan umat Islam masuk di gereja.

Menurut Adi Hidayat, KH Hasyim Asy'ari dalam fatwanya menegaskan bahwa umat Islam tidak boleh masuk ke gereja. Bahkan, ia akan menghukum siapapun muslim yang masuk ke rumah ibadah umat Kristen tersebut.

Baca Juga: Aktivis NU Serukan Tangkap Takmir Masjid Usir Pria Sholat Pakai Masker

"Di masa tahun 1330 Hijriah berkembang itu, KH Hasyim Asy'ari memberikan fatwa tidak boleh ikut-ikutan masuk ke gereja. Bahkan beliau menghukumi, maaf, menghukumi siapa yang ikut ke sana (gereja) atau bahkan mengenakan simbol-simbol, pakai topi, dan sebagainya maka ikut kekafiran mereka. Itu keluar fatwa," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait