alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banyak Tumbuh di Indonesia, Ini Dia Tanaman Alami Obat Diabetes dan Kanker

Andi Ahmad S Rabu, 14 Juli 2021 | 13:44 WIB

Banyak Tumbuh di Indonesia, Ini Dia Tanaman Alami Obat Diabetes dan Kanker
Pasak Bumi yang populer juga disebut Tongkat Ali. (Shutterstock)

Namun, tanaman herbal yang juga dikenal dengan sebutan tongkat ali ini, ternyata juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan.

SuaraBogor.id - Tanaman alama ini banyak tumbuh di Indonesia, mungkin masih banyak orang yang belum tahu manfaat tanaman obat alami satu ini. Manfaat pasak bumi yang cukup populer adalah untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual pada pria.

Namun, tanaman herbal yang juga dikenal dengan sebutan tongkat ali ini, ternyata juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan.

Pasak bumi (Eurycoma longifolia) merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bagian akarnya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat kuat alami untuk meningkatkan vitalitas pria, terutama dalam hal gairah seksual dan kesuburan. Pasak bumi banyak diolah menjadi suplemen herba, minuman berenergi, jamu, hingga kopi dan teh.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Junk Food

Beragam Manfaat Pasak Bumi

Dikutip dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, pasak bumi mengandung berbagai senyawa antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Jika dikonsumsi sebagai suplemen herba atau jamu, pasak bumi dapat memberikan beragam manfaat berikut ini:

1. Menambah gairah seksual

Pasak bumi memiliki khasiat sebagai afrodisiak, yaitu meningkatkan libido atau gairah seksual. Tanaman ini juga diketahui mampu merangsang produksi dan kinerja hormon testosteron yang merupakan hormon seks pada pria.

Tak hanya berdampak pada hasrat seksual, kekurangan hormon testosteron juga menjadi penyebab terjadinya disfungsi ereksi dan gangguan kesuburan (infertilitas) pada pria.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Asupan Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi Putih, Cocok untuk Diet

Berbagai studi menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak pasak bumi dapat mengalami peningkatan hormon testosteron dan gairah seksual. Selain itu, konsumsi ekstrak tanaman herbal ini secara rutin juga dapat meningkatkan volume, konsentrasi, dan pergerakan sperma, sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait