facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada! Pesisir Sukabumi Potensi Gelombang 6 Meter, Ini Kata BMKG

Andi Ahmad S Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:01 WIB

Waspada! Pesisir Sukabumi Potensi Gelombang 6 Meter, Ini Kata BMKG
Gelombang laut melewati batu pemecah ombak sehingga menghantam daratan pesisir pantai wisata Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (27/5/20210). ANTARA FOTO/Rahmad

BMKG meminta warga pesisir mewaspadai potensi gelombang setinggi 6 meter di perairan Indonesia beberapa hari ke depan salah satunya pesisir Sukabumi

SuaraBogor.id - Bagi masyarakat Sukabumi yang tinggal di pesisir pantai agar waspada. Sebab, BMKG memberikan peringatan dini yakni potensi gelombang 6 meter.

BMKG meminta warga pesisir mewaspadai potensi gelombang setinggi 6 meter di perairan Indonesia beberapa hari ke depan salah satunya pesisir Sukabumi, khususnya 24-26 Agustus 2021, termasuk pesisir selatan Sukabumi.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo menyatakan gelombang tinggi sekitar 4-6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia, seperti; perairan barat Kepulauan Enggano - Lampung, Samudera Hindia barat Lampung. Lalu Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten - Nusa Tenggara Barat, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa - Nusa Tenggara Barat.

BMKG memantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Baca Juga: Pekan Ketiga Agustus, 39 Kali Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten, Samudra Hindia barat Lampung - selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru bagian timur," ujar Eko, kepada wartawan, menyadur dari Sukabumiupdate -jaringan Suara.com.

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Lalu kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

"Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dimohon agar selalu waspada," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo.

Baca Juga: Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Bencana di Sumut

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait