alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mantan Kepala Kebun Raya Indonesia Tulis Surat Terbuka, Ini Isinya

Andi Ahmad S Rabu, 29 September 2021 | 14:41 WIB

Mantan Kepala Kebun Raya Indonesia Tulis Surat Terbuka, Ini Isinya
Ilustrasi Kebun Raya Bogor. [Antara]

Ternyata adanya pro kontra soal Kebun Raya Bogor itu mendapatkan perhatian dari mantan Kepala Kebun Raya Indonesia.

SuaraBogor.id - Mantan Kepala Kebun Raya Indonesia tulis surat terbuka yang turut ditembuskan kepada Pemkot Bogor, kaitan ramainya pro dan kontra permasalahan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat belakangan ini.

Ternyata adanya pro kontra soal Kebun Raya Bogor itu mendapatkan perhatian dari mantan Kepala Kebun Raya Indonesia.

Surat terbuka ini ditulis oleh Mantan Kepala Kebun Raya Indonesia Prof. Dr. Made Sri Prana (1981-1983), Prof. Dr. Usep Soetisna (1983-1987), Dr. Ir. Suhirman (1990-1997), Prof. Dr. Dedy Darnaedi (1997-2003), dan Dr. Irawati (2003-2008).

Lalu ditujukan kepada Sekretaris Utama – BRIN, Plt. Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi-BRIN, Plt. Direktur Pengelolaan Koleksi Ilmiah-BRIN, Plt. Kepala Kantor Pusat Riset Konservasi-BRIN, dan Direktur Utama Mitra Natura Raya-MNR.

Baca Juga: Dosen IPB: Lampu Sorot Akan Tambah Tekanan Lingkungan di Kebun Raya Bogor

Mengutip dari Bogordail.net -jaringan Suara.com, Berikut adalah isi surat tersebut:

“Pertama-tama kami mengucakan selamat bertugas, semoga selalu dalam keadaan sehat dan semangat mengemban amanah. Izinkan kami, mantan pimpinan Kebun Raya Bogor Indonesia, menyampaikan beberapa hal penting yang sangat erat terkait dengan perkebunrayaan.

Berdasarkan pengamatan kami, dan adanya masukan dan keluhan melalui media sosial dari berbagai lapisan masyarakat, kami merasa berkewajiban untuk meneruskannya kepada pimpinan yang secara struktur erat dengan tata kelola Kebun Raya Indonesia saat ini, antara lain:

1. Seperti kita pahami bersama bahwa Kebun Raya mengusung 5 tugas dan fungsi penting yaitu: Konservasi Tumbuhan, Penelitian. Pendidikan, Wisata Ilmiah, dan Jasa Lingkungan.

Ketiga fungsi pertama merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan menjadi acuan bersama seluruh Kebun Raya di dunia (Jackson, P.W, 1999).

Baca Juga: BRIN Benahi Infrastruktur Riset Kebun Raya Bogor

Karena itu berbagai kegiatan dan program yang dikembangkan di Kebun Raya Indonesia selalu berpegang pada kelima Tugas dan Fungsi Kebun Raya tersebut, yang sekaligus sebagai Marwah Kebun Raya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait