alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Tanda Sakit Ginjal Jarang Disadari Banyak Orang

Andi Ahmad S Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:36 WIB

5 Tanda Sakit Ginjal Jarang Disadari Banyak Orang
Ilustrasi sakit ginjal. [Shutterstock]

Namun, perlu diketahui, bahwa ginjal merupakan organ tubuh yang paling penting untuk menjaga kesehatan kita. Sebab, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam da

SuaraBogor.id - Banyak orang yang mengeluhkan sakit ginjal, pun juga banyak orang yang tidak memperdulikan sakit ginjal, karena dianggap tidak terlalu spesifik.

Namun, perlu diketahui, bahwa ginjal merupakan organ tubuh yang paling penting untuk menjaga kesehatan kita. Sebab, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah.

Kemudian, kotoran dan racun akan dibuang bersamaan dengan urine. Lantas, apa saja ciri-ciri sakit ginjal yang perlu diwaspadai?

Mengapa gejala sakit ginjal perlu diwaspadai?

Baca Juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Jangan Lupakan Akses Kesehatan Jiwa di Indonesia

Ginjal merupakan organ yang bekerja yang menyaring air dan limbah berlebih dari darah dan keduanya dikeluarkan dalam urine. Selain itu, organ yang berbentuk kacang ini juga membantu mengontrol tekanan darah.

Sementara itu, penyakit ginjal terjadi ketika ginjal rusak sehingga tidak dapat menyaring darah dengan optimal. Akibatnya, penumpukan limbah beracun di tubuh pun terjadi.

Penurunan fungsi ginjal pun terjadi perlahan, meskipun lambat ternyata hal ini berpengaruh terhadap aktivitas harian Anda. Apabila gejala sakit ginjal dibiarkan, penyakit ini dapat menimbulkan masalah lain yang membahayakan kesehatan.

Racun yang tidak dibuang oleh ginjal bisa menyebabkan denyut jantung tidak normal hingga kematian mendadak. Maka dari itu, Anda tidak boleh menyepelekan gejala penyakit ginjal yang mungkin terlihat mirip dengan penyakit lain.

Ciri-ciri dan gejala sakit ginjal

Baca Juga: Segar dan Sehat, Cara Mudah Membuat Jamu Kunyit Asam di Rumah

Menyadur dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, kebanyakan orang telah kehilangan hingga 90% fungsi ginjal mereka sebelum gejala sakit ginjal muncul. Namun, ada beberapa ciri yang menunjukkan fungsi ginjal menurun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait