facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jurnalis Legendaris RM Tirto Adhi Soerjo Gantikan Nama Jalan Kesehatan di Kota Bogor

Andi Ahmad S Rabu, 10 November 2021 | 16:39 WIB

Jurnalis Legendaris RM Tirto Adhi Soerjo Gantikan Nama Jalan Kesehatan di Kota Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya, Penasihat Yayasan Priatman Untuk Negeri Priambodo Trisaksono dan Dewi Yull meresmikan nama jalan R.M. Tirto Adhi Soerjo

Sebelumnya, nama jalan di Kota Bogor tersebut yakni Jalan Kesehatan. Kini diganti menjadi RM Tirto Adhi Soerjo.

SuaraBogor.id - Tepat di Hari Pahlawan 10 November 2021 Pemerintah Kota Bogor memperkenalkan jurnalis legendaris RM Tirto Adhi Soerjo, sebagai nama jalan di Kota yang dijuluki Kota Hujan.

Sebelumnya, nama jalan di Kota Bogor tersebut yakni Jalan Kesehatan. Kini diganti menjadi RM Tirto Adhi Soerjo.

Wali Kota Bogor Bima Arya di Bogor, Selasa mengatakan sosok RM Tirto Adhi Soerjo patut dipopulerkan di Kota Bogor karena pernah merintis karir kewartawanannya di kota ini.

Sebelum meresmikan nama jalan RM Tirto Adhi Soerja, kata Bima, Pemerintah Kota Bogor bersama Yayasan Priatman Untuk Negeri menggelar bedah profil jurnalis tersebut bertajuk ‘Mengingat Sang Pemula, Melestarikan Seni dan Budaya’ di Bogor Creative Center, Bogor Tengah.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Ini Nyatanya Dapat Mengganggu Kesehatanmu

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian jelang nama sang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional RM Tirto Adhi Soerjo ini diabadikan menjadi nama jalan menggantikan Jalan Kesehatan, Tanah Sareal. Di jalan ini pula berdiri Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor.

Acara dihadiri Sejarawan dan Budayawan Taufik Rahzen, keluarga RM Tirto Adhi Soerjo Denny Irawan, Penasehat Yayasan Priatman Untuk Negeri Priambodo Trisaksono dan dimoderatori oleh Pemred Tirto.id Ivan Aulia Ahsan.

Bima Arya mengungkapkan bahwa cukup banyak tokoh-tokoh legendaris yang hebat tercatat dalam sejarah dan diakui oleh negara. Tapi sayang, tidak sedikit juga tokoh-tokoh tersebut justru tidak dikenal secara kekinian oleh anak-anak muda.

“Padahal kiprahnya luar biasa, berpengaruh dan seharusnya menginspirasi. Salah satunya adalah sosok RM Tirto Adhi Soerjo. Surat kabar pertama yang berbahasa melayu, didirikan oleh beliau. Beliau juga memimpin Sarikat Islam. Jurnalis yang kritis, juga menjadi organisator dan aktivis,” ujarnya saat memberi sambutan di acara bedah profil itu.

Bima melanjutkan, bahkan kisah dan sosok Tirto yang fenomenal kemudian menginspirasi Pramoedya Ananta Toer untuk membuat buku berjudul ‘Bumi Manusia’.

Baca Juga: Pemkot Bogor Abadikan Bapak Pers Nasional R.M. Tirto Adhi Soerjo Jadi Nama Jalan

“Pramoedya Ananta Toer ‘menghidupkan’ ketokohan Tirto dalam sosok Minke dan kemudian difilmkan oleh Hanung Bramantyo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait