facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Arti Husnul Khotimah Beda dengan Khusnul Khotimah, Begini Penjelasannya

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 14 Desember 2021 | 15:04 WIB

Arti Husnul Khotimah Beda dengan Khusnul Khotimah, Begini Penjelasannya

Husnul khotimah merupakan sebuah akhir yang baik.

SuaraBogor.id - Setiap umat Muslim pastinya ingin meninggal dalam keadaan terbaik. Dalam agama Islam, hal itu disebut sebagai husnul khotimah.

Husnul Khotimah berasal dari kata “husn” yang artinya baik atau bagus dan “al-khatimah” yang artinya penghabisan, penutup, penghentian, bagian terakhir.

Jadi, husnul khotimah merupakan sebuah akhir yang baik. Arti operasionalnya adalah sebuah kematian yang berakhir dalam kondisi yang baik atau diridhai Allah SWT.

Meskipun tak mudah menentukan seseorang meninggal dalam keadaan husnul khotimah, namun terdapat beberapa tanda sesuai petunjuk dari Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Arti Khusnul Khotimah, Jangan Salah Ucap Kalau Ada Orang Meninggal

Selain itu, ternyata juga terdapat keutamaan yang akan didapat ketika seorang muslim meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Lantas, apa keutamaannya? Berikut penjelasannya.

1. Perbedaan Husnul dan Khusnul

Banyak orang salah mengeja atau menuliskan kata husnul khotimah menjadi khusnul khotimah. Padahal kata husnul dan khusnul memiliki arti yang jauh berbeda. Kata husnul memiliki arti baik sedangkan Khusnul memiliki arti hina.

Husnul Khotimah berasal dari kata “husn” yang artinya baik atau bagus dan “al-khatimah” yang artinya penghabisan, penutup, penghentian, bagian terakhir. Jadi, husnul khotimah merupakan sebuah akhir yang baik. Arti operasionalnya adalah sebuah kematian yang berakhir dalam kondisi yang baik atau diridhai Allah SWT.

Sedangkan khusnul memiliki arti hina. Tentunya ini akan menjadi fatal apabila kemudian ada orang yang meninggal kemudian berucap, "Semoga khusnul khotimah ya" yang artinya "semoga berakhir dalam keadaan hina ya.”

Baca Juga: Kiai di Banten Wafat Usai Baca Dua Kalimat Syahadat, Netizen: Ini Namanya Husnul Khotimah

2. Arti Husnul Khotimah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait