facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Iftitah Beserta Artinya

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 15 Desember 2021 | 16:35 WIB

Bacaan Doa Iftitah Beserta Artinya
Ilustrasi salat, sholat, shalat, wanita muslim (elemen envato)

Bacaan doa iftitah dibaca ketika sholat, tepatnya setelah takbiratul ihram pada rakaat pertama.

SuaraBogor.id - Doa Iftitah. Umat islam pastinya sudah tidak asing dengan doa iftiah. Bacaan doa iftitah dibaca ketika sholat, tepatnya setelah takbiratul ihram pada rakaat pertama.

Selain mendapat pahala bagi yang membacanya, doa iftitah memiliki suatu keutamaan, yakni membuka pintu-pintu langit, permohonan ampunan dan mengamalkan sunnah Rasulullah SAW.

Doa iftitah merupakan salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca saat melaksanakan sholat fardhu maupun sholat sunnah. Doa iftitah pada waktu sholat dibaca di antara takbiratul ihram dan bacaan surat Al-Fatihah pada rakaat pertama sholat.

Untuk diketahui, kata iftitah berasal dari kata “fataha” yang berarti pembukaan. Hal inilah yang menyebabkan mengapa doa ini terletak di awal rakaat.

Baca Juga: Hukum, Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Lengkap

Untuk lebih jelasnya tentang bacaan doa iftitah, Berikut bacaan beserta artinya.

1. Bacaan Doa Iftitah

Terdapat beberapa jenis bacaan doa iftitah yang diajarkan Rasulullah Sallallahu Allaihi Wassalam. Dalam sholat bisa memilih salah satu doa untuk pergunakan. Berikut bacaan doa iftitah.

Allahu akbaru kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiila wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaati wa nusuki wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘alamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya:”Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud, Hakikat dan Keutamaannya

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait