facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat Shalat Dhuha Berserta Doa Setelah Shalat

Pebriansyah Ariefana Kamis, 16 Desember 2021 | 11:00 WIB

Niat Shalat Dhuha Berserta Doa Setelah Shalat
Ilustrasi sholat, salat, shalat, tahiyat (envato)

Dihukum sunnah karena apabila dikerjakan akan mendapat pahala, sedangkan apabilat ditinggalkan tidak akan mendapat dosa.

SuaraBogor.id - Niat shalat dhuha adalah rukun shalat yang pertama. Maka, niat ini wajib untuk dikerjakan. Namun, hukum mengerjakan shalat dhuha sendiri adalah sunnah.

Dihukum sunnah karena apabila dikerjakan akan mendapat pahala, sedangkan apabilat ditinggalkan tidak akan mendapat dosa. Berikut ini penjelasan niat shalat dhuha beserta doanya.

Melansir dari buku Risalah Tuntutan Shalat Lengkap, dijelaskan bahwa shalat dhuha ini dikerjakan pada waktu matahari sedang naik. Yakni sekitar antara pukul 07.00 hingga 15 menit sebelum waktu Dzuhur.

Jumlah raka’at dalam sholat dhuha ini, sekurang-kurangnya dua raka’at, atau boleh empat raka’at, atau enam raka’at, atau delapan raka’at.

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Sesuai Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Bacaan surat yang dianjurkan saat melakasanakan shalat dhuha ini adalah surat Asy Syamsu pada raka’at pertama dan surat Adl-dhuha pada raka’at kedua.

Niat dari shalat dhuha ini adalah:

Ushalli Sunnatadl Dhuha Rak’ataini Lillaahi Ta’ala. ALLAHU Akbar.

Artinya, “aku niat shalar dluha dua raka’at, karena ALLAH ta’aalaa. ALLAHU Akbar.

Allaahumma Innadl Dluhaa-a Dluhaa Uka Wal -Bahaa-a Bahaa Uka, Wal Jamaala Jamaaluka Walquwwata Quwatuka, Walqudrata Qudratuka Wal 'Ishmata 'Ishmatuka. Allaahumma In Kaana Rizqo Fis Samaa-i Fa Anzilhu, Wa In Kaana Fil Ardli Fa Akhrijhu, Wa In Kaana Mu'siran Fayassirhu Wain Kaana Haraaman Fathahhirhu, Wa In Kaana Ba Iidan Faqarribhu Bihaqqi Dluhaa-Ika Wabah a-Ika Wajamaalika, Waquwatika Waqudratika, Aatinii Maa Ataita ‘Ibaadakash Shaalihiin.

Baca Juga: Tata Cara Sholat yang benar dan Bacaan Sholat dari Allahuakbar Hingga Tahiyat Akhir

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Untuk diketahui, keutamaan mengerjakan shalat dhuha ini adalah pertama, merupakan anjuran Rasulullah SW. kedua, sebagai pengganti sedekah. Ketiga, yang mengerjakan sholat dhuha akan mendapat pahala haji dan umrah. Keempat, diampuni dosanya. Kelima, dicukupkan urusan di akhir siangnya.

Demikianlah niat shalat dhuha berserta doa setelah melaksanakan shalat.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait