facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hakikat Surat Al Insyirah Beserta Asbabun Nuzul dan Keutamaannya

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 22 Desember 2021 | 11:20 WIB

Hakikat Surat Al Insyirah Beserta Asbabun Nuzul dan Keutamaannya
Ilustrasi Al Quran (Unsplash/Lexi T)

Surat Al Insyirah kerap disebut dengan surat Alam Nasyrah.

SuaraBogor.id - Surat Al Insyirah merupakan surat ke 94. Surat ini menjadi petunjuk bahwa apabila ada kesulitan pasti ada kemudahan.

Al Insyirah termasuk surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah. Surat ini kerap disebut dengan surat Alam Nasyrah.

Surat ini memberikan kabar gembira bagi umat muslim agar tetap optimis. Meskipun dihadapkan dengan berbagai masalah, umat Muslim harus tetap optimis karena Allah SWT memberikan kemudahan dalam setiap kesulitan.

Setiap surat memiliki Asbabun Nuzul. Surat ini pada awalnya menjadi penyemangat dan hiburan untuk Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Tanda Kebesaran Allah dalam Surat Ar Rahman Ayat 33

Beliau yang sedang menyebarkan agama Islam mendapatkan kesulitan. Beliau menghadapi pertentangan dari kaumnya dan Allah SWT melapangkan dadanya supaya tidak sempit karena berbagai permasalahan.

Allah SWT melapangkan dada Nabi Muhammad SAW dan menghilangkan beban pikirannya yang memberatkan pula pundaknya. Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

Oleh karena itu apabila seseorang telah selesai dengan satu urusan, kerjakan pula dengan bersungguh-sungguh urusan yang lain.

Allah SWT melapangkan dada Nabi Muhammad SAW dengan sifat kenabiannya yang mulia kemudian mengangkat kesulitan dan kesusahannya.

Allah SWT menganjurkan kepada beliau untuk meminta pertolongan dengan berdoa sungguh-sungguh.

Baca Juga: Surat Ar Rahman Ayat 33: Bukti Kekuasaan Allah SWT

Berdoalah dengan suara lembut dan semata-mata hanya mengharap ridho dari Allah SWT, maka Allah SWT akan senantiasa membantu menghadapi kesulitan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait