facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Ayat Al Quran tentang Jodoh, Khusus yang Belum Punya Pasangan alias Jomblo Harus Bersabar, Serahkan ke Allah

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 21 Januari 2022 | 10:08 WIB

4 Ayat Al Quran tentang Jodoh, Khusus yang Belum Punya Pasangan alias Jomblo Harus Bersabar, Serahkan ke Allah
Ilustrasi berdoa, Doa agar diterima di universitas yang diinginkan (Freepik)

Dapatkan empat nasihat dari ayat Al-Quran tentang jomblo di artikel di bawah ini!

SuaraBogor.id - Gundah karena merasa kita masih jauh dari jodoh kita mungkin sering terasa. Padahal Allah Ta’ala telah menjanjikan kepada manusia bahwa segala makhluknya telah diciptakan berpasang-pasangan. Berikut ayat Al Quran tentang jodoh.

Jadi jika anda merasa bimbang karena jodoh tak kunjung datang mungkin anda membutuhkan beberapa nasihat.

Sebagai muslim tentu saja nasihat terbaik datang dari Al Quran dan hadits yang merupakan dalil dari Allah dan perkataan serta contoh perilaku dari Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa ayat Al Quran tentang jodoh yang mungkin dapat menjadi penghibur hati anda saat ini.

An-Nisa Ayat 32: Perintah Agar Menikah untuk Mendapat Ridha Allah

Baca Juga: Waktu Terbaik Baca Surat Yasin, Benarkah saat Malam Jumat?

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. An-Nur: 32).

Asy-Syuura Ayat 30: Banyak Bertaubat Agar Didekatkan dengan Jodoh

Firman Allah di dalam surat ini berbunyi:

“Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Qs. Asy-Syuura: 30)

Sulit bertemu dengan jodoh bisa disebut musibah. Oleh karena itu, berdasarkan perintah Allah di ayat tersebut, anda yang merasa sulit berjodoh dapat segera bertaubat.

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Al Quran Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Memohon ampunan kepada Allah agar dimaafkan dosa-dosa yang lalu. Sehingga orang yang banyak bertaubat atas perbuatannya adalah orang yang dimudahkan bertemu dengan jodohnya.

Ath-Thalaq Ayat 2-3: Bertakwa kepada Allah Membawa Jodoh:

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar baginya. Dan akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia duga” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Sebagaimana sulit berjodoh adalah musibah, sulit bertemu jodoh juga termasuk masalah. Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa orang-orang yang bertakwa kepada Allah akan diberi jalan keluar dari masalahnya.

Maka jika anda merasa sulit bertemu dengan jodoh, bertakwa kepada Allah Ta’ala adalah salah satu usaha yang dapat anda lakukan.

Al-An’am Ayat 17: Berdoa dan Istikhoroh

Berusaha memang satu-satunya hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Akan tetapi kita tidak boleh melupakan bahwa segala hal yang terjadi di alam semesta ini adalah kehendak Allah Ta’ala.

Sehingga berserah diri kepada Allah dan istikhoroh atau meminta petunjuk adalah usaha lain yang dapat dilakukan oleh seorang hamba. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut:

“Jika Allah menimpakan suatu mudarat kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Allah sendiri.” (QS. Al An’am: 17).

Demikian beberapa ayat Al Quran tentang jodoh yang dapat anda terapkan nasihatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Firda Nuril Huda

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait