facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dinkes Kabupaten Sukabumi Sebut Anak Yang Meninggal Usai Menjalani Vaksinasi Bukan Karena Vaksin

Andi Ahmad S Senin, 24 Januari 2022 | 22:22 WIB

Dinkes Kabupaten Sukabumi Sebut Anak Yang Meninggal Usai Menjalani Vaksinasi Bukan Karena Vaksin
Ilustrasi vaksinasi anak di Sukabumi. [ANTARA]

Berdasarkan hasil pemeriksaan rumah sakit, kata dia, seperti darah, dan yang lainnya bahwa anak tersebut memiliki riwayat anemia

SuaraBogor.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi memastikan MD (12) murid kelas 6 yang meninggal dunia usai mengikuti vaksinasi bukan karena vaksin anak.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi Rita Mutiara mengatakan, terkait meninggalnya seorang murid kelas 6 yang meningga dunia usai menjalani vaksin telah melakukan koordinasi dengan Komda KIPI dan Komnas KIPI.

"Setelah kita mendapatkan laporan adanya seseorang anak yang mengalami KIPI dan tengah di rawat di RS tim Dinkes langsung melakukan investigasi," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (24/01/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan rumah sakit, kata dia, seperti darah, dan yang lainnya bahwa anak tersebut memiliki riwayat anemia, bahkan saat menjalani perawatan anak tersebut terus mengalami diare.

Baca Juga: Seorang Pria Salat di Tengah Jalan di Depan Alun-alun Kota Sukabumi, Lalu Lintas Tersendat

"Hasil investigasi dari labotarium rumah sakit, anak itu mengalami anemia, dan ketika buang air besar pun berdarah. Jadi berdasarkan hasil tersebut anak meninggal bukan karena vaksin, tapi akibat infeksi pada pencernaan," katanya.

Ia mengatakan, sebelum meninggal ketika menjalani perawatan di rumah sakit, anak itu kondisinya sempat membaik.

"Anak itu saat dirawat sempat meminta es krim ke orang tuanya dan minumnya pun sempat normal, namun karena kondisinya menurun hingga akhirnya meninggal dunia," ucapnya.

Rita mengungkapkan, pihaknya serta beberapa intansi terkait telah memberikan penjelasan kepada keluarga anak tersebut, terkait hasil pemeriksaan dan investigasi yang dilakukan.

"Semua hasil kita melakulan investigas dan pemeriksaan rumah sakit telah kita jelaskan, pihak keluarga almarhum pun menerimanya," kata dia.

Baca Juga: Takut Disuntik, Bocah SD Ini Bersenandung Sholawat Allahul Kahfi saat Vaksinasi

Sebelumnya, Rita Mutiara menjelaskan, sebelumnya murid kelas 6 tersebut menjalani vaksinasi anak pada Sabtu (15/01/2022) di tempat sekolahnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait