facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapasitas TPU di Kabupaten Cianjur Hampir Penuh

Andi Ahmad S Senin, 24 Januari 2022 | 23:49 WIB

Kapasitas TPU di Kabupaten Cianjur Hampir Penuh
Ilustrasi TPU di Cianjur. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Saat ini Pemkab Cianjur tengah menargetkan lahan baru sudah terealisasi tahun 2023.

SuaraBogor.id - Lahan pemakaman atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Cianjur kota, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hampir penuh terpakai.

Saat ini Pemkab Cianjur tengah menargetkan lahan baru sudah terealisasi tahun 2023.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Cianjur, Cepi Rahmat Fadiana mengatakan saat ini kapasitas di TPU Cianjur, Sirnalaya 1, Sirnalaya 2 dan TPU Pasarean sudah terisi mendekati 100 persen.

“TPU Cianjur sudah hampir penuh, sehingga kami akan melakukan uji kelayakan lahan TPU baru di beberapa lokasi seperti di belakang kantor DPRD Cianjur, Desa Sukamaju, Cianjur, kawasan Jalan Lingkar Timur dan kawasan Kalimaya,” katanya.

Baca Juga: Viral, Oknum ASN di Cianjur Pukul Honorer, Kabid DLH: Kejadiannya di Kantor

Untuk pembukaan TPU baru itu, Pemkab Cianjur sudah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp5 miliar, namun sebelumnya akan dilakukan uji kelayakan hingga tahapan pengadaan lahan, sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

Sementara warga mulai mengeluhkan sulitnya mendapatkan lahan untuk pemakaman di tiga TPU yang sudah disediakan pemerintah daerah. Bahkan sebagian besar menilai lahan yang tersedia di TPU Cianjur, sudah kritis dan harus segera dicarikan solusinya.

"Kami miris melihat area pemakaman yang sudah kritis, namun tetap dipaksakan, bahkan banyak pihak keluarga pasrah memakamkan anggota keluarga yang meninggal dunia dalam satu lubang seperti di TPU Sirnalaya 1 dan 2," kata tokoh warga Kelurahan Sayang-Cianjur, Irfan Muchdar.

Ia menjelaskan, banyak lahan yang dimiliki pemerintah daerah untuk dijadikan lahan TPU baru di Cianjur, agar krisis lahan pemakaman tidak dialami banyak keluarga saat hendak memakamkan anggota keluarga yang meninggal termasuk terpaksa memakamkan jenazah dalam satu liang lahat. [Antara]

Baca Juga: Komnas KIPI Ungkap Hasil Investigasi Kematian 2 Bocah di Jawa Barat Seusai Vaksinasi Covid-19

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait