facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kiamat Sugra: Pengertian, Tanda-tanda dan Contohnya

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 01 Maret 2022 | 17:10 WIB

Kiamat Sugra: Pengertian, Tanda-tanda dan Contohnya
Ilustrasi akhir perhidupan manusia di Bumi. [Shutterstock]

Kiamat sugra merupakan kiamat kecil sedangkan kiamat kubro adalah kiamat besar.

SuaraBogor.id - Penjelasan tentang kiamat sudah ada didalam kitab suci setiap agama termasuk agama Islam. Didalam agama Islam , kiamat ada dua yaitu kiamat sugra dan kubra . Terjadinya kiamat jika muncul tanda-tanda kerusakan alam dan meluasnya kebodohan. Dua hal tersebut menjadi tanda apabila kiamat benar-benar terjadi. 

Kiamat sugra merupakan kiamat kecil sedangkan kiamat kubro adalah kiamat besar. Kali ini kita tadak akan membahas kedua kiamat tersebut, melainkan kita akan membahas mengenai kiamat sugra. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Pengertian Kiamat Sugra

Hari kiamat adalah salah satu rukun iman yang harus dipercayai oleh tiap orang dengan bijak. Karena, semua hal di dunia ini yang bersifat duniawi seperti harta, jabatan, hingga sanak saudara hanya sementara.

Baca Juga: Geger Video Pasangan Diduga Mesum di Pinggir Jalan, Warganet: Tanda-tanda Kiamat

Kiamat atau yang sering disebut dengan hari akhir dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubro (kiamat besar).

Perbedaan kedua kiamat tersebut yaitu terletak pada waktunya. Contoh kiamat kubro diawali dengan munculnya Yajuj dan Majuj, serta dajjal.

Sedangkan, contoh kiamat sugra yaitu munculnya kerusakan alam di muka bumi, peperangan dan meluasnya kebodohan di dunia. Penjelasan tentang kiamat sugro ataupun kubro telah tercatat dalam Al-Quran dan Hadist. Seperti penjelasan berikut ini. 

Dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 187, Allah SWT berfirman bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Untuk waktu terjadinya hanya Allah yang mengetahui.

yas`alnaka ‘anis-s’ati ayyna mursh, qul innam ‘ilmuh ‘inda rabb, l yujallh liwaqtih ill huw, staqulat fis-samwti wal-ar, l ta`tkum ill bagtah, yas`alnaka ka`annaka afiyyun ‘an-h, qul innam ‘ilmuh ‘indallhi wa lkinna akstaran-nsi l ya’lamn

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Adzan, Akan Dapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW di Hari Kiamat

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait