facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriyah

Hairul Alwan Minggu, 01 Mei 2022 | 17:22 WIB

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriyah
Ilustrasi sidang isbat, kapan hari raya idul fitri 2022 menurut kemenag //pixabay.com

Umat muslim Indonesia bisa mengikuti sidang isbat tersebut melalui Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443.

SuaraBogor.id - Petang ini akan mejadi penentuan kapan Hari Raya Idul Fitri 2022 akan tiba dilihat melalui hisab dalam sidang isbat. Umat muslim Indonesia bisa mengikuti sidang isbat tersebut melalui Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443.

Agar tak terlewat dalam penentuan 1 Syawal 1443 H, masyarakat bisa menyaksikan sidang isbat lewat link live streaming sidang isbat Idul Fitri 2022 dalam tulisan ini.

Berdasarkan kalender, Hari raya idul fitri sementara ini diketahui jatuh pada 2 Mei 2022. Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri yakni Senin, 2 Mei 2022.

Penentuan itu artinya sama seperti kalender nasional, di mana hari raya idul fitri ditetapkan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 dan menjadi bagian dari hari libur nasional.

Baca Juga: KPK Berlakukan Kunjungan Keluarga Tahanan Secara Online Pada Hari Raya Idul Fitri

Terkait hal tersebut, kepastian 1 Syawal 1443 H akan dilihat melalui sidang isbat yang digelar hari ini, Minggu (1/5/2022) petang.

Live streaming sidang isbat Idul Fitri 2022 akan diselenggarakan pada Minggu petang, tanggal 1 Mei 2022. Pemerintah menggunakan metode hisab dan rikyatul (pemantauan) hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1443 H.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, metode hisab yang dimaksudkan dalam sidang isbat ini nantinya akan dikonfirmasi dengan pelaksanaan rukyatul hilal di lapangan.
Kemenag menggelar rukyatul hilal di 99 titik lokasi di seluruh Indonesia. Pelaksaannya juga melibatkan lembaga peradilan agama dan ormas islam.

Adapun link live streaming sidang isbat Idul Fitri 2022 untuk masyarakat yang ingin ikut menyaksikannya langsung ada di bawah ini.

Umat islam bisa mengikuti perkembangan sidang isbat di rumah masing-masing sambil menyiapkan berbagai macam hidangan hari raya. Umat islam juga bisa menyiapkan beras atau bahan makanan pokok lain untuk melakukan zakat fitrah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga saat Libur Lebaran 2022, Lengkap dengan Jadwal Tayang

Anda bisa menyimak pelaksaan sidang isbat setelah shalat magrib sampai selesai. Biasanya sidang isbat idak akan memakan waktu lama, sehingga kepastian Idul Fitri seperti yang diharapkan dapat dirayakan bersama-sama.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait