facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Air Sungai Cileungsi Berubah Warna, Warga Gunung Putri: DLH Ada Gak Tindakannya?

Galih Prasetyo Kamis, 12 Mei 2022 | 11:19 WIB

Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Air Sungai Cileungsi Berubah Warna, Warga Gunung Putri: DLH Ada Gak Tindakannya?
Ilustrasi sungai kotor. (Antara)

Warga Gunung Putri geram dengan kondisi perubahan warna air di Sungai Cileungsi dan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bertindak.

SuaraBogor.id - Warga Gunung Putri geram dengan kondisi perubahan warna air di Sungai Cileungsi. Air di Sungai Cileungsi seperti yang direkam oleh warga setempat saat ini berwarna biru muda.

Warga Kecamatan Gunung Putri menduga perubahan warna air tersebut berasal dari limbah pabrik garmen atau limbah Laundry Pada Hari Rabu 11 Mei 2022.

“Itu di aliran Sungai Cileungsi. Dugaannya tercemar oleh limbah pabrik, disinyalir pabrik garmen atau laundry,” ucap Panji, salah satu warga sekitar mengutip dari Bogor Daily--jaringan Suara.com, Kamis (12/5/2022).

Ia menjelaskan Aliran air tersebut berada di antara Desa Cicadas dan Wanaherang di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Warga Asahan Sumut Mengeluh Gatal-gatal, Diduga Air Sungai Tercemar

“Kejadiannya selasa kemarin. Kejadian seperti ini udah bertahun-tahun dan kemarin kejadian lagi. Kondisinya gak ada membaiknya, kalo memburuk iya,”

Menurutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memiliki semua data pembuangan limbah industri.

“Coba ditanya DLH ada gak tindakannya, itu data pabriknya pabrik apa, koordinatnya dimana, itu DLH udah tau semua,” ungkapnya.

DLH Kabupaten Bogor telah membuat tim patroli sungai untuk mencari data perusahaan yang diduga membuang limbahnya ke aliran sungai.

“Coba ditanya tindakannya? Apa diminta duit? Apa di tindak pidana ringan (tipiring), apa diajukan tindak pidana berat? Saya gak tau,” jelasnya.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Sidak Sungai Tercemar di Sukoharjo, Warganet: Pak Ganjar Panas Dingin Nih

Sementara Ketua Satgas Patroli Sungai Haji.Wawan saat di konfirmasi mengenai penemuan air sungai berubah berwarna biru (limbah) di kecamatan gunung putri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait