facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akses ke Situ Beber Terputus karena Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Begini Kesaksian Warga

Galih Prasetyo Kamis, 19 Mei 2022 | 11:13 WIB

Akses ke Situ Beber Terputus karena Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Begini Kesaksian Warga
Beberapa warga saat melakukan upaya pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan di Situ Beber (Ist)

Jalur akses menuju destinasi wisata Situ Beber di Desa Situhiang Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur terputus

SuaraBogor.id - Jalur akses menuju destinasi wisata Situ Beber di Desa Situhiang Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur terputus, akibat tebing setinggi 20 meter longsor.

Longsor tersebut terjadi usai, hujan dengan intensitas tinggi menguyur wilayah tersebut sejak malam tadi, dan longsor tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (19/5/2022).

Camat Pagelaran Denny Widya, mengatakan tebing setinggi 20 meter tersebut longsor, akibatnya jalan menuju akses wisata Situ Beber tidak dapat dilalui, karena badan jalan tertutup material longsor.

"Hampir 10 meter badan jalan tertutup tanah material longsor, dengan ketebalan sekitar 10 meter," ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Pesantren Assyzahu Tangerang Longsor karena Hujan Deras, Bangunan Rusak

Namun, kata dia, pihaknya telah menurunkan sejumlah tim, Retana dan dibatu warga untuk membersihkan materila longsor yang menutupi badan jalan, agar segera dapat dilalui.

"Usai menerima laporan adanya longsor petugas dari kemacatan, dibantu Retana dan masyarakat masih berusaha membersihkan materila longsor dengan alat seadanya," katanya.

Selain itu ia mengimbau, masyarakat untuk waspada, karena titik tersebut rawan terjadi bencana longsor dan pergerakan tanah, apalagi saat terjadi hujan deras.

Sementara itu, Firman (29) warga Desa Situhiang mengatakan, sebelumnya di titik tersebut juga sempat terjadi longsor, namun tidak separah yang saat ini.

"Kalau yang kemarin longsor itu di lokasi yang agak ke atas, sedangkan longsor sekrang di bawahnya sedikit. Jarak longsor kemarin dengan yang hari ini terjadi hanya puluhan meter," ucapnya.

Baca Juga: Polda Sulbar Serahkan Bantuan Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Mamuju

Ia menyebutkan, hingga saat ini sejumlah petugas kecamatan, Retana dan beberapa warga masih melakukan upaya pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait