facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Cianjur Ambles, Muncul Lubang Menganga Sedalam 2 Meter

Galih Prasetyo Selasa, 21 Juni 2022 | 10:50 WIB

Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Cianjur Ambles, Muncul Lubang Menganga Sedalam 2 Meter
Petugas Polsek Cibinong saat melakukan penangana jalan ambles di Cibinong (Ist)

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 22.00 WIB. Debit air yang besar yang mengikis tanah di bawah jalan mengakibatkan aspal di atas gorong-gorong ambles,"

SuaraBogor.id - Jalan penghubung Sukanagara menuju Sindangbarang di Kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur ambles, usai hujan deras yang turun di wilayah tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, badan jalan penghubung antara Sukanagara menuju Sindangbarang tersebut ambeles akibat gorong-gorong diwilayah itu rusak, sehingga membuat debit air tinggi setelah diguyur hujan deras, pada Senin (20/6/2022).

Selain itu, polisi juga memberlakukan sistem buka tutup, namun kendaraan berat yang mengarah ke Sindangbarang sementara waktu tidak diizinkan untuk melintasi jalur tersebut.

Kapolsek Cibinong Iptu Dedi Suryaman, mengatakan hujan deras dengan intensitas tinggi membuat gorong-gorong rusak, sehingga membuat debit air tinggi dan merusak tanah dibawah badan jalan.

Baca Juga: Jalan Ambles Akibat Pergerakan Tanah di Lebak Mulai Diperbaiki

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 22.00 WIB. Debit air yang besar yang mengikis tanah di bawah jalan mengakibatkan aspal di atas gorong-gorong ambles, membuat lubang dengan panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan kedalaman 2 meter," katanya saat dihubungi melalui sambugan telepon, Selasa (21/6/2022).

Badan jalan yang ambles tersebut, kata dia, membuat jalan penghubung antara Sukanagara dan Sindangbarang itu tidak dapat dilalui. Namun hanya bisa dilintasi sepedah motor.

"Jadi kita lakukan rekayasa lalulintas satu arah secara bergantian. Itupun hanya boleh dilintasi sepeda motor dan minibus," kata dia.

Dirinya mengatakan, pihaknya telah menurunkan sejumlah anggota untuk mengatur lalu lintas, dan melakukan imbauan kepada warga untuk berhati-hati.

"Khusus untuk kendaraan berat, dialihkan sementara melalui jalur alternatif. Dari Sindangbarang kita sudah lakukan imbauan agar truk yang bermuatan berat mencari jalan alternatif, khawatir jalan yang ambles semakin parah," katanya.

Baca Juga: Jalan Ambles Buat Antrean Truk Sampah Mengular, TPST Piyungan Ditutup Lagi

Dedi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Pemprov Jabar untuk segera melakukan penanganan jalan ambles.

Baca Juga

14:00 WIB
Jalan Ambles di Pekalongan

Jalan Ambles di Pekalongan

Jalan yang ambles sedalam 50-100 centimeter pada jalur utama penghubung Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi

Selengkapnya

Komentar

Berita Terkait