alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Misteri Gempa Matahari Perlahan Mulai Terungkap

Liberty Jemadu Rabu, 06 Januari 2021 | 20:15 WIB

Misteri Gempa Matahari Perlahan Mulai Terungkap
Para ilmuwan mulai mengungkap misteri gempa Matahari. Foto: Ilustrasi warna Matahari. [NASA]

Gempa matahari tadinya diduga dipicu oleh aktivitas di atmosfer luar induk tata surya kita tersebut.

SuaraBogor.id - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini mengumumkan hasil studi mereka tentang gempa matahari, salah satu peristiwa yang belum banyak diketahui, khususnya terkait asal-muasalnya.

Seperti diwartakan CNet, Rabu (6/1/2020) NASA telah meneliti sebuah gempa matahari yang pertama kali terdeteksi pada 2011 silam. Data-data dari penelitian itu menunjukkan bahwa sumber gempa matahari berbeda

"Peristiwa mirip gempa bumi ini melepaskan energi akustik dalam bentuk gelombang di permukaan di Matahari, mirip seperti gelombang di permukaan danau, beberapa menit setelah terjadinya suar matahari," terang NASA dalam pernyataanya awal pekan ini.

Suar matahari adalah ledakan cahaya, energi, dan material yang terlihat di atmosfer luar Matahari.

Baca Juga: Lampung Diguncang 5 Gempa Beruntun, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Tadinya para ilmuwan menduga bahwa gempa matahari disebabkan oleh kekuatan di atmosfer luar. Tetapi data yaang diperoleh dari satelit pemantau Matahari bernama Solar Dynamics Observatory (SDO) menunjukkan bahwa sumber gempa matahari berasal dari bawah permukaan induk tata surya kita tersebut.

Data SDO menunjukkan bahwa gempa matahari itu bersumber dari sebuah titik yang berada 1.130 km di bawah permukaan Matahari. Hasil studi atas data-data ini diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Letters pada Desember kemarin.

Kini para ilmuwan berharap bisa meneliti fenomena misterius tersebut lebih lanjut jika kembali terjadi gempa matahari seperti pada 2011 lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait