facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rumah Sakit Penuh, Pasien Isolasi Mandiri Meninggal Dunia

Andi Ahmad S Kamis, 08 Juli 2021 | 13:20 WIB

Rumah Sakit Penuh, Pasien Isolasi Mandiri Meninggal Dunia
Ilustrasi petugas medis. [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah]

Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Yusman Faisal membenarkan terkait adanya pasien yang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani Isoman meninggal dunia.

SuaraBogor.id - Imbas Rumah Sakit rujukan saat ini penuh, hal itu membuat sejumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di Kabupaten Cianjur. Namun, banyak juga pasien isolasi mandiri meninggal dunia, diduga karena kurangannya fasilitas penunjang kesehatan.

Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Yusman Faisal membenarkan terkait adanya pasien yang terpapar Covid-19 dan tengah menjalani Isoman meninggal dunia.

"Karena kapasitas rumah sakit sudah penuh, terutama untuk ruangan isoman. Sehingga pasien yang dirujuk terpaksa harus menjalani Isoman dirumahnya, atau di Puskesmas yang menyediakan fasilitas isoman," katanya pada wartawan di Dinas a1 (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Kamis (8/7/2021).

Namun, kata dia, karena fasilitas penunjang kesehatan di Puskesmas hanya untuk perawatan rawat inap biasa, dan kurangnya fasilitas kesehatan sehingga perawatan bagi pasien isoman tidak maksimal.

Baca Juga: Sempat Jalani Isoman karena Covid-19, Abu Janda Kini Dirawat di ICU

"Dibeberapa Pukesmas ada yang menyedikan fasilitas untuk pasien Covid-19 tetapi tidak selengkap dengan yang ada di rumah sakit yang merawat pasien terpapar corona, apa lagi yang dirawat dirumahnya," katanya.

Di sisi lain Yusman, enggan menyebutkan total pasien terpapar Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri meninggal dunia. Namun, ia mengatakan selama PPKM Darurat sudah lebih dari lima pasien yang meninggal dunia.

"Kita belum bisa menyebutkan jumlah keseluruhan pasien isoman yang meninggal dunia, karena pasien isoman meninggal dunia tidak dimasukan dalam angka kematian Covid-19," ucapnya.

Yusman menambahkan, rata - rata pasien isoman meninggal dunia tersebut berusia diangka produktif. Dan sebelum meninggal dunia mereka sudah dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kontributor : Fauzi Noviandi

Baca Juga: Cara Isolasi Mandiri Anak Positif COVID-19, Download Buku Panduannya di Sini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait